Breaking News:

Berita Aceh Barat

Jaksa Tetapkan 3 Tersangka Kasus Pembangunan Lab Bahasa di Aceh Barat, Kerugian Negara Rp 258 Juta

"Tersangka kita tahan setelah kami lakukan pemeriksaan di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, terhadap tersangka YD dan DS kami lakukan penahanan,"

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Jaksa Aceh Barat saat menahan salah satu tersangka kasus proyek pembangunan gedung Lab Bahasa, Selasa (16/8/2022) di Kantor Kejaksaan Negeri Aceh Barat. 

"Tersangka kita tahan setelah kami lakukan pemeriksaan di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, terhadap tersangka YD dan DS kami lakukan penahanan," jelasnya.

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Kejaksaan Negeri Aceh Barat, Selasa (16/8/2022) menetapkanb 3 tersangka kasus tindak pidana pembangunan gedung Laboratorium Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, pada Kantor Dinas Pendidikan setempat tahun 2020 dengan nilai kontrak Rp 3,4 miliar.

Dalam kasus tersebut terindikasi kerugian negara sekitar Rp 258 juta dari dana Otsus.

Kejari Aceh Barat, Firdaus bersama dengan kasi pidsus, kasi intel, dan tim penyidik melakukan penetapan tersangka terhadap 3 orang, diantaranya YD, YS dan DS.

"Selama proses penyidikan kami temukan adanya pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan adanya kekurangan volume pekerjaan pada pekerjaan tersebut," ungkap Firdaus.

Selain itu, juga telah dilakukan audit penghitungan kerugian keuangan negara dari tim BPKP Provinsi Aceh Nomor: SR-1455/PW01/5/2022 tanggal 8 Juli 2022 yang didasarkan dari penghitungan fisik yang dilakukan oleh Tim Ahli Politeknik Negeri Lhokseumawe, dokumen-dokumen yang penyidik dapatkan.

Pemeriksaan ke lapangan, serta keterangan-keterangan para saksi selama proses penyidikan, atas audit tersebut terdapat kesimpulan bahwa telah terjadinya penyimpangan atas pembangunan Laboratorium Bahasa Arab dan Inggris.

Berdasarkan hal tersebut telah mengakibatkan terjadinya kerugian keuangan negara sebesar Rp 258.689.731,00.

Baca juga: Jaksa Geledah Disdik Aceh Barat, Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan Lab Bahasa Arab dan Inggris

 Tersangka kemudian kami lakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh, dan setelahnya dilakukan penahanan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved