Breaking News:

Karhutla

Karhutla Kembali Terjadi di Aceh Selatan, Petugas Sulit Padamkan Api

Menurutnya, saat ini tim gabungan terdiri dari Personel BPBD, TNI/Polri dan Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni masih terus b

Penulis: Taufik Hidayat | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Foto Dok BPBD Asel
Tim pemadam kebakaran sedang berupaya melakukan pemadaman api di lokasi Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Aceh Selatan. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM,TAPAKTUAN - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kebakaran terjadi di tiga lokasi berbeda, yakni di Gampong Ujung Mangki, Kecamatan Bakongan, Gampong Cot Bayu, Kecamatan Trumon dan Gampong Alue Bujuk, Kecamatan Trumon Timur.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, H Zainal A SE MSi yang dikonfirmasi Serambi, Sabtu (20/08/2022) membenarkan, kejadian kebakaran tersebut terjadi pada Jumat (19/08/2022) sore.

Menurutnya, saat ini tim gabungan terdiri dari Personel BPBD, TNI/Polri dan Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni masih terus berusaha melakukan pemadaman.

"Kondisi terkini Karhutla di Gampong Ujong Mangki, Kecamatan Bakongan kemungkinan akan berlangsung lama berhubung lokasi lahannya gambut dan banyak pohon yang tumbang di tanah," kata Kalak BPBD Aceh Selatan sesuai informasi yang diterima dari petugas di lapangan.

Bupati Shabela Abubakar Pastikan Kesiapan Antisipasi Bencana Alam dan Karhutla di Aceh Tengah

Menurutnya, Api sulit dikendalikan karena jarak sumber air dengan lokasi titik api juga jauh, disamping Armada juga tidak bisa masuk ke lokasi karena tidak tersedianya akses jalan.

"Akibatnya, petugas hanya menggunakan mesin pemadaman Portable Karhutla," ungkapnya.

Disamping itu, kondisi yang sama juga terjadi pada lokasi kebakaran gambut di Gampong Cot Bayu, Kecamatan Trumon.

Saat ini Personil Pemadam 06 Trumon bersma Manggala Agni, Kapolsek dan Babinsa sedang melakukan pemadaman.

"Disamping tidak tersedianya sumber air, akses jalan ke lokasi juga tidak bisa dilewati armada pemadam kebakaran," ungkapnya.

2 Hektare Lahan Kembali Terbakar di Aceh Besar, Warga Panik Karhutla Menyatu dengan Tempat Sekam

Ditanya kondisi terakhir karhutla di Gampong Alue Bujuk, Kecamatan Trumon Timur, H Zainal mengungkapkan bahwa untuk sementara api sudah berhasil di padamkan.

"Lahan yang terbakar di Gampong tersebut diperkirakan mencapai 1 Hektare," ungkapnya.

Atas kondisi tersebut, Kalak BPBD Aceh Selatan ini menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan secara serampangan, karena selain merusak ekosistem dan terjadi polisi udara, juga bisa dikenai sanksi pidana.

"Kalaupun membersihkan lahan sebaginya tidak dengan cara membakar, hal ini untuk mencegah terjadinya karhutla," pesan H Zainal.

Melalui Serambi, H Zainal juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh personel BPBD Aceh Selatan, TNI/Polri dan Brigade Manggala Agni yang terlibat dala upaya pemadaman tersebut.

Sebab tanpa mengenal lelah mereka terus berjibaku berusaha memadamkan api.

"Saya sangat kasian dengan mereka, karena belum sempat beristirahat mereka sudah harus turun lagi ke lapangan untuk memadamkan api. Karenanya kita sangat berharap kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan," pungkasnya.(*)

VIDEO Pelajar Kuta Cot Glie Ikuti Karnaval dengan Beragam Kostum dan Ide Unik

Minuman Herbal Ini Ternyata Bisa Atasi Penyakit Maag, dr Zaidul Akbar : Banyak Sekali Manfaatnya

Luas Lahan Terbakar di Gampong Ujong Mangki Aceh Selatan Diperkirakan 3,5 Ha

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved