Breaking News:

Berita Politik

KIP Banda Aceh Verifikasi Administrasi Keanggotaan Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

"Sejumlah variabel lainnya yang diperiksa atau dicermati seperti ganda eksternal, ganda identik, usia, pekerjaan, dan lainnya," ujar Hasbullah.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Komisioner KIP Banda Aceh bersama anggota Bawaslu Banda Aceh melihat proses verifikasi administrasi yang dilakukan petugas verifikator di Kantor KIP setempat, Minggu (21/8/2022). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mulai melakukan verifikasi administrasi keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 di kantor KIP setempat, Minggu (21/8/2024).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Banda Aceh, Hasbullah mengatakan, proses verifikasi administrasi dilakukan dengan mencermati keabsahan dokumen KTP-El dan kartu keanggotaan parpol yang telah diupload di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).  

"Sejumlah variabel lainnya yang diperiksa atau dicermati seperti ganda eksternal, ganda identik, usia, pekerjaan, dan lainnya," ujar Hasbullah.

Verifikasi administrasi dilakukan dalam rangka untuk membuktikan dugaan keanggotaan ganda, status pekerjaan, usia dan/atau status perkawinan, dan NIK yang tidak terdaftar pada Data Pemilih Berkelanjutan (DPB).

"Kegiatannya dilakukan dengan cara mencocokkan data dengan KTA dan KTP-el atau KK yang terdapat di Sipol, sebagaimana amanah dari Pasal 35 ayat (2) Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022," lanjut Hasbullah.

Selanjutnya data keanggotaan parpol/partai lokal (parlok) yang berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS) disampaikan kepada parpol nasional dan parlok melalui Sipol untuk ditindaklanjuti.

Baca juga: KIP Nagan Raya Mulai Sosialisasi Pemilu 2024 Serentak ke Warga

"Oleh karena itu, kami beritahukan kepada pimpinan partai politik nasional dan partai politik lokal agar memeriksa pada aplikasi masing-masing partai dan menindaklanjuti hasil verifikasi administrasi keanggotaannya," tukas Hasbullah.

Kegiatan verifikasi administrasi ini berlangsung mulai dari tanggal 16-29 Agustus 2022. Dengan melibatkan sejumlah petugas verifikasi dari KIP Banda Aceh serta pengawasan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banda Aceh.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved