Breaking News:

Berita Pidie

Cegah Pencatutan NIK oleh Parpol Nakal, Ini yang Dilakukan oleh Panwaslih Pidie

Panwaslih juga membuka Posko pengaduan untuk menampung pengaduan masyarakat mengenai penggunaan data diri sebagai anggota partai politik (Parpol).

Penulis: Idris Ismail | Editor: Taufik Hidayat
Dok Panwaslih Pidie
Ketua Divisi Penyelesaian Sengketa Panwaslih Pidie, Faisal. 

Laporan Idris Ismail | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Guna melakukan pencegahan Pencatutan Nomor Induk (NIK) masyarakat oleh Partai Politik (Parpol)  'Nakal' Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih)  Pidie membuka Posko pengaduan pencatutan nama warga  dalam Sistim Informasi Partai Politik (SIPOL).

“Kami mengimbau kepada segenap masyarakat  Pidie di 730 gampong dalam 23 kecamatan untuk memeriksa nama serta NIK di SIPOL agar tidak dicatut oleh Parpol terentu untuk memuluskan kepentingan Politik mereka terutama dalam keterlibatan diri dalam parpol,"sebut Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Panwaslih Pidie, Faisal kepada Serambinews.com, Senin (22/8/2022).

Dijelaskan juga pihaknya (Panwaslih)  juga membuka Posko pengaduan untuk menampung  aduan masyarakat mengenai penggunaan data diri sebagai anggota partai politik (Parpol).

Menurut Faisal, hal ini sebagai upaya perlindungan hak warga negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Maka kepada segenap warga yang merasa diri dicatut indentitas (NIK) oleh Parpol tertentu  maka perlu dicek pada situs resmi melalui https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik. 

“Termasuk juga bagi ASN, TNI/Polri, Dewan Pengawas atau Komisaris BUMN, Komisaris BUMD, Direksi BUMN, Direksi BUMD, PKH, Tenaga Pendamping Profesional(TPP), Kepala Desa/Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa/Tuha Peut patut melakukan kroscek data dirinya agar tidak disalah gunakan," jelasnya.

Ditambahkan, bagi NIK yang telah disalahgunakan oleh Parpol maka pihak Panwaslih memperkenankan setiap warga untuk melakukan sanggahan  secara online melalui https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan. “Atau dapat langsung datang ke Posko Panwaslih,"ungkapnya.(*)

Baca juga: Nama Anda Dicatut sebagai Anggota Parpol? Panwaslih Bireuen Ingatkan Agar Melapor Online/Langsung

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved