Breaking News:

APBA Turun Rp 6 T, Bagaimana Nasib JKA? Falevi: Selama Kami di DPR, Kami Pastikan JKA Tetap Ada

Masyarakat tidak perlu khawatir, meski dana otsus (otonomi khusus) berkurang, kita pastikan JKA tetap lanjut

Penulis: Yocerizal | Editor: Yocerizal
Serambinews.com
Ketua Komisi V DPRA, M Rizal Falevi Kirani (kanan) berbicara tentang kelanjutan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) di tengah menurunnya dana otonomi khusus mulai 2023 mendatang. Falevi menyampaikan hal itu dalam program Podcast Bincang Politik 'APBA Turun Rp 6 Triliun, Bagaimana Nasib JKA?' yang berlangsung di Studio Serambi On TV, Selasa (23/8/2022). 

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Ketua Komisi V DPRA, M Rizal Falevi Kirani memastikan bahwa program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) tetap berlanjut meski APBA 2023 mengalami penurunan sebesar Rp 6 triliun.

Kepastian itu disampaikan Falevi saat menjadi narasumber dalam program Podcast Bincang Politik di studio Serambi On TV, Kantor Harian Serambi Indonesia, Selasa (23/8/2022).

Program podcast tersebut mengangkat tema ‘APBA Turun Rp 6 Triliun, Bagaimana Nasib JKA?’.

“Kami ingin pastikan, selama kami di DPR, kami pastikan bahwa JKA itu tetap ada,” tegas Falevi.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, meski dana otsus (otonomi khusus) berkurang, kita pastikan JKA tetap lanjut,” tambah politisi Partai Nanggroe Aceh ini.

Dia mengakui, penurunan APBA sebesar Rp 6 triliun akan berdampak besar pada program-program pemerintah, terutama program-program pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Tetapi khusus untuk program JKA, dari hasil evaluasi data sementara yang telah dilakukan, sejauh ini telah terjadi penghematan anggaran yang cukup besar, sehingga JKA tetap dimungkinkan untuk dilanjutkan.

Selama ini, sebut Falevi, anggaran yang dibayarkan Pemerintah Aceh untuk premi JKA 2,2 juta masyarakat Aceh adalah sebesar Rp 1,2 triliun.

Menurut Falevi, dengan anggaran sebesar itu, ditambah lagi berkurangnya penerimaan dana otsus dari 2 persen menjadi 1 persen, hal itu akan sangat membebani anggaran pemerintah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved