Breaking News:

Info Singkil

Tumpukan Sampah di Jalan ke Puskesmas Gunung Meriah Dibersihkan, Pemkab Singkil Ingatkan Warga

Pembersihan sampah di jalan menuju Puskesmas Gunung Meriah ini sudah dilakukan berulang-ulang. Namun masih saja ada warga buang sampah di lokasi itu.

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Alat berat dan truk membersihkan sampah yang dibuang sembarangan oknum warga di jalan menuju Puskesmas Gunung Meriah, Aceh Singkil, Senin (22/8/2022). 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Singkil, bekerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Socfindo Lae Butar, bersihkan tumpukan sampah di jalan menuju Puskesmas Gunung Meriah. 

Pemberisihan dilakukan dengan mengerahkan alat berat milik Socfindo dan mobil pengangkut sampah DLH. Selanjutnya sampah tersebut dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di kawasan Kampung Baru, Singkil Utara. 

Sampah yang dibersihkan merupakan sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan. Sebab jalan menuju Puskesmas Gunung Meriah, bukan merupakan lokasi pembuangan dan pengumpulan sampah. 

Pemberisihan sampah di jalan menuju Puskesmas Gunung Meriah, sudah dilakukan berulang-ulang. Namun oknum warga tidak juga sadar, tetap membuang sampah di lokasi tersebut. 

Terkait hal itu, Pelksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Singkil, Masdiana, Selasa (23/8/2022) meminta kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Selain itu, ia juga imbau warga untuk membiasakan memisahkan sampah sesuai jenisnya. Sampah yang bisa didaur ulang agar dimanfaatkan. Sehingga sampah yang dibuang ke TPA tinggal sedikit. 

"Kami mohon kesadaran masyarakat dan kerjasama kepala desa serta camat dalam menangani sampah. Lantaran tidak mungkin teratasi kalau hanya mengandalkan kami," kata Masdiana. 

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Subarsono menyatakan, lokasi tumpukan sampah masih jauh dari Puskesmas Gunung Meriah. Sampah tersebut dibuang warga, lantaran sepi dan lahan kosong. 

Walau masih jauh dari Puskesmas, pihaknya meminta warga tidak terus membuang sampah di sana. " Setahu saya sudah ada tong sampah depan rumah masing-masing ke situlah buang. Nanti kan ada kendaraan roda tiga yang menjemputnya," kata Subarsono.

Buang sampah sembarangan selain merusak keindahan juga dapat memicu munculnya penyakit. Sehingga warga diimbau tak buang sampah sembarangan.(*)

Baca juga: Warga Gelar Aksi di TPA Lhokseumawe : Sudah 40 Tahun Kami Cium Aroma Sampah

Baca juga: WHO Ungkap Kasus Anjing Tertular Monkeypox dari sang Pemilik, Ingatkan Pentingnya Cara Buang Sampah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved