Breaking News:

Berita Abdya

Warga Abdya, NIK Anda Dicatut Dalam Keanggotaan Parpol? Lapor ke Sini

"Kami juga membuka posko pengaduan di Kantor Panwaslih Abdya, terkait pencatutan identitas diri masyarakat oleh parpol di dalam sistem informasi...

Penulis: Taufik Zass | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Komisioner Panwaslih Abdya Kordiv Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HPPS), Rahmah Rusli. 

"Kami juga membuka posko pengaduan di Kantor Panwaslih Abdya, terkait pencatutan identitas diri masyarakat oleh parpol di dalam sistem informasi partai politik (SIPOL)," ujar Rahmah. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Barat Daya 

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Tahapan pemilihan umum (Pemilu) saat ini sedang berlangsung. 

Hal itu diketahui dari tahapan verifikasi administrasi partai politik calon peserta pemilu tahun 2024.

Oleh karenanya, Panitia pengawas pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengimbau kepada masyarakat kabupaten setempat, agar segera melaporkan jika ada nomor induk kependudukan (NIK) dicatut dalam kepengurusan partai politik.

Hal itu di sampaikan Komisioner Panwaslih Abdya Kordiv Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HPPS), Rahmah Rusli, saat ditanyai wartawan, Kamis (25/8/2022).

Menurut Rahmah, tindakan ini merupakan salah satu langkah pencegahan yang dilakukan Panwaslih Abdya untuk melindungi identitas masyarakat oleh partai politik.

Serta untuk menindaklanjuti instruksi dari Bawaslu RI agar Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia mendirikan posko pengaduan, jika ada masyarakat yang merasa namanya dicatut oleh partai politik. 

"Kami juga membuka posko pengaduan di Kantor Panwaslih Abdya, terkait pencatutan identitas diri masyarakat oleh parpol di dalam sistem informasi partai politik (SIPOL)," ujar Rahmah. 

Baca juga: Nama Dicatut Parpol, Silakan Lapor ke Posko Pengaduan Panwaslih Bireuen, Saat Ini Sudah Ada 3 Aduan

Menurutnya, masyarakat Abdya di mana pun berada bahkan sampai ke pelosok Abdya harus mengetahui hal ini.

Jika ada masyarakat yang merasa nama dan nomor NIK-nya di catut dalam kepengurusan dan keanggotaan parpol, maka bisa langsung kunjungi situs resmi https://infopemilu.kpu.go.id/pemilu/cari_nik.

Bisa juga tambahnya, langsung datang ke kantor Panwaslih Abdya agar bisa dibantu melihat status identitas dirinya. 

"Selain itu Panwaslih Abdya juga akan melayangkan surat kepada Forkopimda maupun kepala desa se-kabupaten Abdya. Hal ini kita lakukan sebagai salah satu langkah preventif dari Panwaslih untuk mencegah terjadinya pelanggaran," pungkas Rahmah.(*)
 

Baca juga: KIP Periksa Dokumen Keabsahan Keanggotaan Parpol

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved