Breaking News:

Info Kesehatan

Layani Kesehatan Warga Kepulauan, Tim DTPK Dinkes Aceh Bawa Dokter Spesialis Ke Simeulue

Tim Pengobatan Kesehatan Bergerak Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan (Tim DTPK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh bertolak ke Simeulue

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Muhammad Hadi
Dok Dinkes Aceh
Dokter spelialis anak yang tergabung dalam tim DTPK Dinkes Aceh, dr. Eka Destianti Edward, M. Ked (Ped) Sp.A(K), sedang memeriksa seorang pasien anak di lokasi DTPK Dinkes Aceh, di Desa Wel-Wel, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, Sabtu (27/8/2022) 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tim Pengobatan Kesehatan Bergerak Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan (Tim DTPK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh bertolak ke Simeulue pada Kamis (25/8/2022).

Tim ini akan berada di Simeulue sampai dengan Senin (29/8/2022) dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kepulauan ini di dua lokasi berbeda.

Lokasi pertama kegiatan dipusatkan di Desa Kampung Air, Simeulue Tengah pada Sabtu (27/8/2022) dan lokasi kedua bergeser ke Sangiran, Simeulue Barat pada Minggu, (28/8/2022).

Koordinator lapangan, tim DTPK Dinkes Aceh, dr Rais Husni Mubarrak menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah menjadikan program rutin setiap tahun yang melibatkan dokter spesialis dari RSUDZA, PERSI Aceh, RSUD Simeulue dan perhimpunan spesialis terkait.

Baca juga: Ibu Hamil di Pulau Banyak Serbu Layanan Obgyn Tim DTPK Dinkes Aceh

"Dari Banda Aceh, tim DTPK Dinkes Aceh ikut membawa sejumlah dokter spesialis, mulai dari spesialis THT & KL, dokter spesialis gigi dan mulut, dokter spesialis anak dan dokter spesialis kesehatan keluarga.

Selain itu, juga ada spesialis penyakit dalam, spesialis ortopedi, dan sejumlah dokter umum", sebut dr Rais.

Tim DTPK Dinkes Aceh ini juga akan disupport oleh tim kesehatan dari Dinas kesehatan Simeulue dan dari RSUD setempat.

Baca juga: Tim DTPK Dinkes Aceh Layani Kesehatan Warga Pulau Banyak

Pada kegiatan ini, Dinkes Aceh bertindak sebagai koordinator program DTPK.

Selain memberikan tindakan pengobatan langsung bagi warga yang datang berobat, tim ini juga ikut melakukan penyuluhan kesehatan bagi warga di sana.

"Kegiatan DTPK Dinkes Aceh ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan spesialistik kepada masyarakat di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan yang ada di Aceh," tutup Rais.(*)

Baca juga: Peringati HAN, Dinkes Aceh Sediakan Layanan Imunisasi Anak

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved