Breaking News:

Video

VIDEO Panwaslih Aceh Tamiang Temukan 3.521 Keanggotaan Ganda Parpol

Dia menjelaskan ada beberapa indikator yang digunakan dalam melakukan pendataan, di antaranya nama, alamat dan nomor KTA.

Editor: Teuku Fauzan

SERAMBINEWS.COM - Panitia Pengawas Pemilihan ( Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang menemukan dugaan data ganda keanggotaan partai politik sebanyak 3.521 nama.

Seluruh data ini sudah diserahkan ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) untuk dilakukan verifikasi ulang.

Ketua Panwaslih Aceh Tamiang, Imran mengungkapkan dugaan data ganda tersebut hasil pengawasan tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 melalui sistem informasi politik (Sipol).

Pengawasan ini dilakukan melalui pencermatan oleh jajaran Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang sesuai dengan PKPU 4 tahun 2022 terkait dugaan kegandaan internal maupun kegandaan ekternal melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Dia menjelaskan ada beberapa indikator yang digunakan dalam melakukan pendataan, di antaranya nama, alamat dan nomor KTA.

Baca juga: Panwaslih Aceh Tamiang Temukan 3.521 Keanggotaan Ganda Parpol

Dari situlah kata dia ditemukan 3.521 dugaan data ganda.

“Dari pendataan ini kami temukan 3.521 dugaan kegandaan internal dan eksternal anggota partai politik,” kata Imran, Rabu (31/8/2022).

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwaslih Aceh Tamiang, Ferry Irawan Nasution merincikan dari 3.521 jumlah tersebut dugaan ganda keanggotaan partai politik, masing-masing kegandaan internal berjumlah 2.322 keanggotaan, serta kegandaan eksternal berjumlah 1.199 keanggotaan.

Seluruh data ini dijelaskannya sudah diserahkan kepada KIP pada Rabu (31/8/2022) siang.

Selanjutnya kata dia, data yang diserahkan akan dilakukan verifikasi kembali. (*)

Narator: Siti Masyithah

Baca juga: Panwaslih Tamiang Temukan 3.521 Data Ganda Parpol, Panwaslih Aceh Tamiang: Buka Posko Pengaduan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved