Breaking News:

Berita Banda Aceh

Komisi I DPRA Terima Audiensi KPI Aceh, Bahas Pengawasan Siaran Hingga Migrasi TV Analog ke Digital

Di antara isu yang dibahas adalah tentang pengawasan isi siaran, Qanun Penyiaran, agenda Analog Switch Off (ASO) atau Migrasi TV analog ke Digital

Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh yang dipimpin oleh Faisal Ilyas selalu Ketua melakukan audiensi dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada Kamis, 1 September 2022. Kehadiran rombongan KPI Aceh ke DPRA disambut Ketua Komisi I DPRA Iskandar Usman Al Farlaky, Wakil Ketua Komisi Samsul Bahri bin Amiren (Tiyong) dan para anggota seperti Tezar Azwar, Ustaz Irawan Abdullah dan Ibu Nuraini Maida. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH  - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh yang dipimpin oleh Faisal Ilyas selalu Ketua melakukan audiensi dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada Kamis, 1 September 2022.

Kehadiran rombongan KPI Aceh ke DPRA disambut Ketua Komisi I DPRA Iskandar Usman Al Farlaky, Wakil Ketua Komisi Samsul Bahri bin Amiren (Tiyong) dan para anggota seperti Tezar Azwar, Ustaz Irawan Abdullah dan Ibu Nuraini Maida.

Audiensi dilakukan dalam rangka menyampaikan isu-isu terbaru dalam dunia penyiaran di Aceh.

Selain Faisal Ilyas selaku Ketua KPI Aceh, audiensi ini juga dihadiri para Komisioner KPI Aceh lainnya seperti Teuku Zulkhairi, Acik Nova, Ahyar dan Putri Novriza.

Di antara isu yang dibahas adalah tentang pengawasan isi siaran, Qanun Penyiaran, agenda Analog Switch Off (ASO) atau Migrasi TV analog ke Digital oleh pemerintah pusat.

Isu berikutnya yang dibahas yaitu agenda KPI Aceh menyelenggarakan "KPI Aceh Award" pada Oktober nanti.

Baca juga: Komisioner KPI Aceh Ajak Siswa Kritis Pilih Konten dan Isi Siaran

Faisal Ilyas mengatakan bahwa pada program " KPI Aceh Awards" ini KPI Aceh akan memberikan Award atau penghargaan bagi sejumlah lembaga penyiaran yang memenuhi kriteria KPI Aceh.

"Pemberian Award ini merupakan agenda penting KPI Aceh di tahun 2022 ini," ujar Faisal Ilyas dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Sabtu (3/9/2022).

Komisioner KPI Aceh bidang pengawasan isi siaran, Teuku Zulkhairi mengatakan KPI Aceh hingga saat ini terus berupaya mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi mengawasi isi siaran TV dan Radio di Aceh agar sejalan dengan aturan yang berlaku.

" KPI Aceh sudah meluncurkan Nomor Hotline aduan isi siaran di nomor +62811688001.

Ini bagian dari upaya kita untuk menyahuti keinginan masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi mengawasi isi siaran agar selalu sehat dan edukatif bagi publik," ujar Teuku Zulkhairi.

Baca juga: Usai BBM Naik, Ratusan Polisi Dikerahkan Ke SPBU dan SPBN di Banda Aceh

Dalam pertemuan ini, Ketua Komisi I DPRA, Iskandar Al Farlaky mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kerja-kerja KPI Aceh dan juga agenda KPI Aceh Award.

"Kami berharap KPI Aceh dapat melibatkan Komisi I dalam agenda-agenda pembinaan lembaga penyiaran supaya kita dapat memiliki pemahaman yang sama. Karena berhubung Komisi I sekarang baru saja perombakan Alat Kelengkapan Dewan," ujarnya.

Dalam pertemuan ini, salah satu anggota Komisi I DPRA, Tezar Azwar menyampaikan kepada para Komisioner KPI Aceh bahwa ada isi siaran TV yang mengesankan promosi LGBT.

Oleh sebab itu KPI Aceh diminta untuk mengawasi secara ketat agar seluruh isi siaran TV dan Radio yang tayang di Aceh dapat sejalan dengan Syari'at Islam DNA kearifan lokal yang berlaku di Aceh.

Baca juga: Objek Wisata Aceh Tamiang, Dilengkapi Homestay, Pengunjung Kini Bisa Healing di Gunung Pandan

Sementara itu, Komisioner KPI Aceh lainnya, Acik Nova menyampaikan sejumlah hal yang menjadi problem dalam kerja-kerja KPI Aceh seperti tidak ada alat pengawasan isi siaran dan sebagainya.

Komisioner lainnya Ahyar ST menyampaikan perkembangan pembahasan Qanun Penyiaran Aceh yang dibahas oleh Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian.

Sedangkan Komisioner lainnya yang ikut hadir, Putri Novriza menyampaikan perkembangan agenda Analog Switch Off atau migraso TV Analog ke Digital.(*)

Baca juga: Harga BBM Naik, Warga Kaget di SPBU, Mau Isi Tiga Liter tak Cukup Uang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved