Breaking News:

Berita Sabang

PERKI Aceh Bersama Prodi Jantung dan Pembuluh Darah FK USK Gelar Bakti Sosial di Sabang

bakti sosial pelayanan kesehatan jantung dan pembuluh darah gratis bagi masyarakat di Kota Sabang

Penulis: Aulia Prasetya | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia) Cabang Aceh bekerjasama dengan Bagian, Prodi Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala menggelar bakti sosial pelayanan kesehatan jantung dan pembuluh darah gratis bagi masyarakat di Kota Sabang, Sabtu (3/9/2022) 

Laporan Aulia Prasetya | Sabang

SERAMBINEWS.COM, SABANG - PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia) Cabang Aceh bekerjasama dengan Bagian, Prodi Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala menggelar bakti sosial pelayanan kesehatan jantung dan pembuluh darah gratis bagi masyarakat di Kota Sabang

Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di Puskesmas Sukajaya Balohan - Kota Sabang, Sabtu (3/9/2022). 

Amatan Serambinews.com, warga sudah berdatangan, sejak pukul 09.00 WIB, memadati Gedung Puskesmas tersebut. 

Petugas memanggil satu persatu peserta untuk melakukan pengecekan. 

Hawa (58) masyarakat setempat yang ikut pemeriksaan kesehatan jantung mengatakan kegiatan semacam ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan karena masyarakat dapat mengetahui status kesehatannya, mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis.

Baca juga: Mahasiswa Kedokteran Gigi USK Bersama Dokter Gigi Gelar Aksi Kemanusiaan di Bireuen

Ia berharap agar kegiatan ini rutin di laksanakan mengingat Sabang daerah pulau yang jauh dari rumah sakit utama yang ada di Aceh.

Dalam kesempatan tersebut dr Adi Purnawarman, Sp.JP(K)-FIHA,FAsCC kepada serambinews.com, Sabtu (3/9/2022) mengatakan kegiatan baksos ini diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat dalam menjangkau pelayanan kardiovaskular terutama di wilayah kerja PERKI Aceh, baik daerah yang ada dokter spesialis jantung maupun yang tidak ada. 

Lanjutnya, ia menjelaskan PERKI Aceh memiliki keinginan memberi satu pelayanan kardiovaskular.

Karena berdasarkan data Riskesdas menunjukkan prevalensi penyakit Kardiovaskular di Aceh cukup tinggi, sehingga perlu memberikan pelayanan baik edukasi maupun mengobati, jelasnya.

Baca juga: Tarif Resmi BBM Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Dexlite dan Pertamina Dex di Daerah Kamu

“Dalam kasus penyakit ini yang paling penting adalah edukasi, apa saja faktor penyebab penyakit jantung itu serta cara pencegahannya,” pintanya.

dr.Adi menjelaskan penyakit jantung tidak hanya bisa terjadi pada orang tua atau lansia saja.

Tetapi saat ini, orang muda di bawah usia 40 tahun juga sangat berisiko mengidap penyakit ini akibat banyak faktor penyebabnya. 

Faktor resiko utama yang bisa berujung pada penyakit jantung adalah Kebiasaan merokok, tidak banyak beraktivitas fisik dan pola makan yang tidak sehat, 

“Kami berharap agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik terutama dari PERKI Aceh, dan yang terpenting pesan saya mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, seperti yang kita ketahui biaya yang di keluarkan untuk mengobati penyakit jantung sangatlah mahal”, harap dr. Adi.(*)

Baca juga: Dua Keluarga Sepakat Damai Terkait Pemukulan Santri di Bustanul Ulum di Aceh Besar

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved