Breaking News:

Pemilu 2024

Menyongsong Pemilu 2024, Disdukcapil Aceh Selatan Jemput Bola Rekam KTP Siswa di Sekolah

Pihaknya menjadwalkan turun ke sekolah-sekolah pada bulan September ini untuk melakukan pendataan sekaligus perekaman KTP....

Penulis: Taufik Zass | Editor: Eddy Fitriadi
Foto IST
Siswa SMAN I Labuhanhaji Barat, melakukan perekaman e-KTP saat petugas Disdukcapil Aceh Selatan datangi sekolah. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Menyongsong pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan gerakan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilih pemula ke Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di seluruh kabupaten setempat.

Agenda jemput bola perekaman e-KTP bagi pemilih pemula ini disampaikan Kepala Disdukcapil Aceh Selatan, H Lahmuddin, Rabu (7/9/2022).

Pihaknya menjadwalkan turun ke sekolah-sekolah pada bulan September ini untuk melakukan pendataan sekaligus perekaman KTP bagi siswa SLTA.

"Hari ini, personel kita jemput bola di SMAN I Labuhanhaji Barat. Bagi siswa yang usianya sudah tembus 17 tahun secara otomatis wajib mengantongi KTP dan tercatat sebagai pemilih pemula. Perekaman KTP ini perlu dilaksanakan untuk keakuratan data dan jumlah pemilih di Aceh Selatan," papar Lahmuddin.

Menurut Kadisdukcapil, jikapun terdapat siswa dua bulan lagi belum genap 17 tahun, mereka sudah berhak dilakukan perekaman KTP.

Pihaknya menargetkan pada bulan September 2022 ini perekaman KTP bagi siswa SLTA yang menyebar di seluruh Aceh Selatan bisa rampung .

"Selama beberapa hari terakhir petugas kita sudah turun ke sejumlah wilayah di Aceh Selatan. Seperti SMAN I Bakongan, SMKN I Labuhanhaji dan sekolah-sekolah lain. Agenda jemput bola ini dijadwalkan dilaksanakan secara bergiliran antar sekolah dan kecamatan," imbuhnya 

Untuk meringankan beban dan memudahkan upaya petugas, Lahmuddin menyarankan para Kepala sekolah SMA, SMK dan MAN di Aceh Selatan segera melapor ke Disdukcapil untuk dilaksanakan perekaman data bagi siswa yang usianya sudah memenuhi persyaratan wajib ber-KTP.

"Tugas kita melakukan perekaman yang semestinya pihak bersangkutan datang ke Disdukcapil. Mempertimbangkan dan mengingat jangan terganggu proses belajar mengajar para anak didik, Disdukcapil berjibaku dan jemput bola ke sekolah-sekolah," pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved