Breaking News:

Berita Banda Aceh

Celetukan Pon Yaya untuk Bang Bus Bikin Dewan Tertawa, APBA-P 2022 Disetujui Rp 17,291 Triliun

Pemerintah Aceh bersama DPRA menyetujui perubahan Dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2022

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/ HERIANTO
Sekda Aceh yang baru, Bustami SE, MSi, mewakili Pj Gubenur Aceh, serahkan Nota Anggaran RAPBA 2023 kepada Ketua DPRA Samsul Bahri, pada acara Sidang ParipurnaDewan, Jumat (9/9) di Gedung Utama DPRA. 

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh bersama DPRA menyetujui perubahan Dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2022 dengan besaran mencapai Rp 17,291 triliun, dari sebelumnya Rp 16,766 triliun.

Sementara untuk usulan belanja pembangunan R APBA 2023, Pemerintah Aceh mengusulkan besaran belanja pembangunan sebesar Rp 10,374 triliun, turun sebesar 34,45 persen (Rp 5,571 triliun) dari APBA 2022 yang sebesar Rp 16,170 triliun.

Sidang paripurna itu dipimpin langsung Ketua DPRA, Saiful Bahri atau Pon Yaya didampingi tiga wakil ketua, Dalimi (Demokrat), Hendra Budian (Golkar) dan Safaruddin (Gerindra).

Sementara dari pihak eksekutif hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh yang baru, Bustami Hamzah SE MSi mewakili Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Selain itu juga hadir anggota Forkopimda Aceh, para asisiten, staf ahli gubernur, dan sejumlah Kepala SKPA lainnya.

Dalam sidang tersebut, Pon Yaya mewakili lembaga DPRA mengucapkan selamat kepada Bustami Hamzah yang baru saja dilantik sebagai Sekda Aceh menggantikan Taqwallah.

Pria yang akrab disapa Bang Bus itu dilantik oleh Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki di Anjong Mon Mata, Kompleks Meuligoe Gubernur, Kamis (8/9/2022).

"Selamat kepada Bapak Bustami yang telah dilantik sebagai Sekda Aceh menggantikan Bapak Taqwallah," kata Pon Yaya.

"Selamat Pak," celetuknya lagi yang mengundang tawa anggota dewan lain karena cara penyampaian Pon Yaya yang dinilai lucu.

Pon Yaya berharap Sekda baru bisa terus menjaga hubungan yang harmonis dengan legislatif.

Baca juga: Pj Gubernur Sampaikan Struktur APBA-P 2022, Diharapkan Ditetapkan Paling Lama Akhir September

Baca juga: Komisi V DPRA  Sorot Program GISA, Falevi: Hanya Kegiatan Menghamburkan SPPD Bersumber APBA

"Semoga Sekda yang baru dapat terus meningkatkan hubungan yang harmonis dan komunikasi yang baik sebagaimana yang terjalin antara legislatif dan eksekutif selama ini," ucap Ketua DPRA.

Sementara itu, Bang Bus, saat membacakan pidato Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRA atas persetujuan perubahan KUA dan PPAS RAPBA 2022 melalui penandatanganan bersama Nota Kesepakatan Perubahan RAPBA 2022 dengan belanja pembangunan senilai Rp 17,291 triliun.

“Pada hari ini juga, kami menyampaikan Nota Keuangan R APBA 2023 untuk belanja pembangunan senilai Rp 10,598 triliun, atau berkurang 34,45 persen atau senilai Rp 5,571 triliun dari RAPBA 2022 Rp 16,170 triliun,” ucap Bustami Hamzah.

Lebih lanjut, sebagaimana isi pidato Pj Gubernur Aceh, Bang Bus menjelaskan bahwa belanja senilai Rp 10,598 triliun itu digunakan untuk belanja operasi Rp 7,322 triliun (69,09 persen dari total belanja).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved