Breaking News:

Info Kesehatan

Pentingnya Nutrisi untuk Mencegah Stunting pada Anak

Masa emas (golden period) pada anak adalah salah satu masa penting bagi kehidupan anak dimana masa tersebut adalah 1.000 hari pertama kehidupan anak.

for serambinews.com
Diza Fathamira Hamzah, SKM, MKes, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh. 

Oleh Diza Fathamira Hamzah, SKM. ,MKes

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
Mahasiswi Program Doktoral Universitas Syiah Kuala

 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Stunting adalah gambaran ketidaksesuaian tumbuh kembang anak yang diakibatkan oleh tidak terpenuhinya asupan nutrisi anak secara kronis dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga, hal ini akan menimbulkan berbagai masalah anak baik secara kognitif maupun status kesehatannya. Terlebih lagi, beban negara akan semakin bertambah dikarenakan mundurnya kualitas generasi penerus bangsa jika angka stunting ini semakin meningkat.

Pentingnya peningkatan pemahaman masyarakat khususnya ibu tentang kesehatan dan gizi merupakan alternatif terbaik untuk menurunkan atau mencegah kejadian stunting.

Dengan meningkatnya pemahaman kesehatan dan gizi masyarakat, maka secara langsung masyarakat tersebut lebih memperhatikan pola makan, pola asuh anak, serta kebersihan diri guna mencegah risiko terkena infeksi pada masa-masa tertentu.

Masa emas (golden period) pada anak adalah salah satu masa penting bagi kehidupan anak dimana masa tersebut adalah 1.000 hari pertama kehidupan anak.

Oleh karena itu, kualitas dan kuantitas asupan nutrisi harus sangat diperhatikan. Golden periode adalah momentum penentu masa depan generasi bangsa yang tidak boleh disepelekan. Jika nutrisi tidak terpenuhi pada masa tersebut, maka tidak akan dapat diperbaiki di masa yang akan datang dengan segala jenis cara.

Baca juga: Angka Inflasi Aceh Bisa Terkendali Rendah Jika Harga Pangan Stabil

Baca juga: Posyandu Diminta Tak Sepelekan Bobot Anak, Kepala BKKBN: Protein Hewani untuk Cegah Stunting

Aspek nutrisi yang baik merupakan hal esensial yang harus dipenuhi oleh setiap anak. Nutrisi yang baik secara langsung mampu membentuk kekebalan tubuh bagi setiap individu khususnya anak, yang mana kekebalan tubuh adalah perisai kehidupan. Maka dari itu, nutrisi juga merupakan bahan bakar utama bagi tubuh untuk dapat beraktivitas dan menjalankan kehidupan sehari-hari dengan baik.

Asupan nutrisi seharusnya diperhatikan mulai dari masa remaja sampai individu tersebut memiliki keturunan.

Contoh konkret pentingnya asupan nutrisi pada masa remaja seperti pentingnya suplementasi zat besi (tablet tambah darah) pada masa remaja wanita, sebagai langkah awal untuk mempersiapkan kehamilan yang baik dan melahirkan generasi yang sehat.

Secara umum, remaja yang menderita anemia berisiko untuk mengalami komplikasi pada masa kehamilan yang pada akhirnya berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Di samping itu, konsumsi tablet tambah darah mengurangi risiko terjadinya komplikasi di masa kehamilan dan persalinan.

Dengan demikian, penurunan dan pencegahan stunting harus dilakukan secara komprehensif, tidak boleh terpaku pada satu aspek saja.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved