Breaking News:

Luar Negeri

Tak Ada Kaitan Gempa Bumi yang Terjadi di Meksiko Hari Ini dengan Gempa Taiwan, Kata Seismolog

Seismolog itu mengtakan, tidak ada musim atau bulan yang dapat dipredikasi kapan gempa bumi besar akan terjadi dan di mana itu terjadi.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
ULISES RUIZ / AFP
Sebuah mobil rusak setelah sepotong batu dari Gereja San Agustin jatuh di atasnya setelah gempa bumi, di Guadalajara, negara bagian Jalisco, Meksiko, pada 19 September 2022. Gempa berkekuatan 6,8 melanda Meksiko barat pada hari Senin waktu setempat itu mengguncang bangunan di Mexico City pada peringatan dua gempa besar pada tahun 1985 dan 2017. 

Tak Ada Kaitan Gempa Bumi yang Terjadi di Meksiko Hari Ini dengan Gempa Taiwan, Kata Seismolog

SERAMBINEWS.COM, MEKSIKO – Pakar gempa bumi ( Seismolog) dari Amerika Serikat (AS), Paul Earle angkat bicara terkait gempa yang melanda dunia dalam tiga hari berturut-turut ini.

Untuk diketahui, Meksiko baru saja diguncang gempa berkuatan 7,6 skala Richter (SR) pada pukul 1:05, Senin (19/9/2022) waktu setempat.

Sebelum gempa Meksiko, Taiwan juga diguncang gempa bumi berkekuatan 6,4 SR pada Sabtu (17/9/2022).

Lalu pada Minggu (18/9/2022), gempa kuat kembali mengguncang Taiwan dengan kekuatan yang lebih besar, yakni bermagnitudo 6,8 SR.

Baca juga: Peringatan Tsunami Dicabut Usai Gempa 7,6 SR Guncang Meksiko, Satu Orang Meninggal, Bangunan Rusak

“Ini kebetulan,” kata seismolog Survei Geologi AS, Paul Earle dikutip dari AP News.

Ia mengtakan, tidak ada musim atau bulan yang dapat dipredikasi kapan gempa bumi besar akan terjadi dan di mana itu terjadi.

"Kami tahu kami akan mendapatkan pertanyaan ini segera setelah sebuah gempa terjadi," kata Earle. 

“Terkadang hanya ada kebetulan,” sambungnya.

Ia menegaskan bahwa, gempa yang mengguncang Meksiko hari ini tidak ada kaitan dengan gempa yang merusak di Taiwan sehari sebelumnya.

Juga gempa yang terjadi di Meksiko tidak terkait atau disebabkan oleh latihan evakuasi gempa sekitar satu jam sebelumnya di negara itu.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,6 skala Richter (SR) yang mengguncang pantai barat daya Meksiko terjadi setelah negara itu menandai peringatan gempa besar yang melanda pada tanggal yang sama di tahun 1985 dan 2017.

Baca juga: Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Takengon Aceh Tengah Terasa Sampai Nagan Raya, Ini Penjelasan BMKG

Gempa berkekuatan 8,0 SR yang berpusat di dekat pantai negara bagian Guerrero pada tahun 1985 menewaskan sedikitnya 9.500 orang. 

Lebih dari 360 orang tewas dalam gempa berkekuatan 7,1 yang melanda pada tahun 2017.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved