Breaking News:

Berita Bireuen

Sehari Tiga Kali Kebakaran di Bireuen, Petugas Damkar Berpeluh Keringat Memadamkan Api

Tiga kali peristiwa kebakaran terjadi di lokasi terpisah dalam waktu berbeda di tiga kecamatan di Bireuen, sepanjang, hari mulai sore sampai malam

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Petugas Damkar Bireuen, Selasa (20/09/2022) malam memadamkan api pada tumpukan kayu palet di dekat gudang gudang Wall's berada di Dusun Nyak Uma, Gampong Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Tiga kali peristiwa kebakaran terjadi di lokasi terpisah dalam waktu berbeda di tiga kecamatan di Bireuen, sepanjang, hari mulai sore sampai malam, Selasa (20/09/2022).

Para petugas Damkar berpeluh keringat dan dengan cepat menuju lokasi untuk melakukan pemadaman api. 

Data diperoleh Serambinews.com, kebakaran pertama terjadinya kebakaran dua lokasi lahan kebun pada Selasa (20/09/2022) siang, dipinggir jalan ke sekolah Azkiya kawasan BTN Kupula Indah, Gampong Geulanggang Gampong (Cureh), Kecamatan Kota Juang.

Belum diketahui dari mana asal api, tiga unit mobil pemadam dari pos induk Kota Bireuen, usai menerima informasi dari warga langsung menuju ke lokasi, beberapa menit dilakukan penyiraman api membakar puluhan
meter lahan dua lokasi dapat dipadamkan.

Kebakaran berikutnya terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, Selasa (20/09/2022) malam, kebakaran kedua  terbakarnya kayu palet  di bagian luar pinggir jalan depan gudang Wall's berada di Dusun Nyak Uma, Gampong Blang Bladeh,, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.

Baca juga: Tangisan Hamidah yang Rumahnya Ambruk Diterjang Angin Kencang dan Hujan Lebat di Lhokseumawe

Kobaran api menjulang tinggi dari tumpukan kayu palet terbakar mengundang perhatian masyarakat dan para pengguna jalan di jalan Banda Aceh-Medan, langsung berdatangan ke lokasi dan kemudian warga meminta
bantuan pemadam.

Tujuh unit mobil Pemadam Kebakaran dari pos induk Kota Bireuen, pos Juli, pos Kuta Blang dikerahkan ke lokasi kejadian, petugas langsung berupaya padamkan api sehingga api tidak sampai meluas kebangunan gudang.

Informasi diperoleh Serambinews.com, dari Fajrinur petugas Perlinsos pada Dinas Sosial Bireuen dan warga yang berada dilokasi mengatakan, informasi api berawal dari pembakaran sampah di di sekitar tumpukan kayu, diluar dugaan api menjalar ke palet sehingga membakar tumpukan kayu itu.

Baca juga: Aksi Dramatis Ationg Selamatkan Diri Saat Ruko Terbakar, Hirup Asap Hitam & Dilarikan ke RSUD Langsa

Petugas pemadam setiba di lokasi dengan cepat melakukan pemadaman dan sekitar 30 menit kemudian, api telah dapat dipadamkan dan dilakukan pendinginan lokasi.

Petugas Damkar usai memadamkan api di Blang Bladeh, Jeumpa Bireuen hendak kembali ke Pos, dalam perjalanan pulang kembali mendapat laporan ada kebakaran di kawasan Jangka, Bireuen.

Sejumlah mobil Damkar berputar haluan menuju ke Jangka. 

Empat mobil pemadam Pemkab Bireuen dengan cepat juga dikerahkan menuju ke Gampong Jangka Alue Ue, Kecamatan Jangka, Bireuen.

Kebakaran sekitar pukul 22.00 WIB, Selasa (20/09/2022) adalah satu batang pohon Ketapang setinggi kurang lebih 30 meter dalam kuburan di Dusun Peutua Beunu, di pinggir jalan utama gampong setempat  terbakar.

Baca juga: Ketua Komisi 1 DPRA Aceh Apresiasi Polres Bireuen Berhasil Ungkap Kasus Perampokan

Kobaran api di atas pohon besar dengan lingkaran hampir 3 meter menimbulkan kobaran api sangat besar membumbung tinggi ke atas pohon.

Khawatir percikan api jatuh mengenai rumah warga dekat lokasi, kemudian warga meminta bantuan pemadam kebakaran yang tiba sekitar 15 menit kemudian dan langsung menyiram api di pohon sampai dapat dipadamkan dan dilakukan pendinginan.

Keuchik Gampong Jangka Alue Nasrun (54) kepada Serambinews.com di lokasi mengatakan,  sumber api
berasal dari pembakaran sampah warga di sekitar lahan kuburan sehingga api menjalar ke lahan kuburan dan pohon ketapang yang berada di lahan kuburan.

"Api semakin membesar di atas pohon ketapang warga mulai panik karena  banyak rumah warga sekitar kuburan, lalu keuchik Gampong Jangka Paya Bieng H Fauzi menghubungi Pemadam Kebakaran Bireuen untuk membantu memadamkan api," jelasnya.

Keuchik Jangka Alue Ue, Nasrun mengucapkan terima kasih dan juga turut mengapresiasi kerja petugas
pemadam kebakaran Pemkab Bireuen, dengan cepat tiba di lokasi dan sigap menangani kebakaran tersebut. (*)

Baca juga: TRAGIS Ibu dan 2 Anak Meninggal, Ini Benda Disamping Mayat, Suami Ungkap Pesan Terakhir Istrinya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved