Breaking News:

Gempa Terkini

Gempa 6,4 SR di Meulaboh, Ini yang Harus Dilakukan Sebelum, Sesaat & Sesudah Gempa Bumi Menurut BMKG

Untuk antisipasi gempa bumi susulan, berikut hal apa saja yang harus Anda lakukan sebelum, sesaat dan sesudah terjadinya gempa bumi.

Editor: Firdha Ustin
Pixabay/Paula
Ilustrasi gempa bumi. 

Gempa 6,4 SR di Meulaboh, Ini yang Harus Dilakukan Sebelum, Sesaat & Sesudah Gempa Bumi Menurut BMKG

SERAMBINEWS.COM - Gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnitudo terjadi di wilayah pantai selatan Kota Meulaboh Aceh Barat, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sabtu (24/9/2022) pada pukul 03.52 WIB dini hari tadi.

Meski tak berpotensi tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) meminta warga tetap waspada munculnya gempa- gempa susulan.

Masyarakat Aceh dihimbau untuk tetap tenang tetapi waspada terhadap  kemungkinan terjadinya gempa susulan signifikan.

BMKG juga meminta Masyarakat Aceh yang tempat tinggalnya sudah rusak atau rusak sebagian atau yang masih tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk tidak tinggal di rumah.

Pasalnya, jika terjadi gempa susulan dapat mengalami kerusakan lebih berat bahkan bisa berakibat longsor.

Selain itu, BMKG melalui Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Daryono, juga meminta masyarakat Aceh untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: BMKG Jelaskan Penyebab Gempa M 6,4 di Meulaboh Aceh

Untuk antisipasi gempa-bumi' title=' gempa bumi'> gempa bumi susulan, berikut hal apa saja yang harus Anda lakukan sebelum, sesaat dan sesudah terjadinya gempa-bumi' title=' gempa bumi'> gempa bumi dilansir Serambinews.com dari laman BMKG.

Sebelum Terjadinya Gempa Bumi

Anda harus mengenali apa yang disebut gempa-bumi' title=' gempa bumi'> gempa bumi.

Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa-bumi' title=' gempa bumi'> gempa bumi (longsor, liquefaction dll).

Selanjutnya Anda dapat kenali lingkungan tempat Anda bekerja, seperti perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempa-bumi' title=' gempa bumi'> gempa bumi Anda sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung dimana.

Kemudian, Belajarlah untuk menggunakan P3K seperti menggunakan alat pemadam kebakaran hingga mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.

Baca juga: Gempa 6,4 SR Landa Meulaboh, Ini 4 Imbauan Penting dari BMKG untuk Masyarakat Aceh

Saat Terjadinya Gempa Bumi

  • Jika Anda berada di dalam bangunan
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved