Breaking News:

Berita Banda Aceh

Pemicu Gempa 6,4 SR Merupakan Gerakan Patahan di Dasar Laut Sekitar Meulaboh

Faizal Adriansyah MSi mengatakan, pemicu gempa dini hari tadi merupakan gerakan patahan di dasar laut sekitar Meulaboh, Aceh Barat.

Penulis: Yarmen Dinamika | Editor: Amirullah
SERAMBINEWS.COM/ Foto kiriman Ustaz Faizal Adriansyah
Ustaz Faizal Adriansyah mengatakan, pemicu gempa dini hari tadi merupakan gerakan patahan di dasar laut sekitar Meulaboh, Aceh Barat. 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Seluruh pesisir barat dan selatan Aceh bahkan hingga ke Banda Aceh dan Meureudu, Pidie Jaya, diguncang gempa pada Sabtu (24/9/2022) sekitar pukul 03.52.59 WIB.

Guncangan tersebut dirasakan penduduk beberapa menit dipicu oleh gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) yang episentrumnya berada pada 45 km dari arah barat daya Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat.

Gempa tersebut tergolong gempa dangkal dengan kedalaman hanya 22 km, tapi seperti dinyatakan BMKG, tidak berpotensi tsunami.

Merespons gempa tersebut, geolog senior Aceh, Ir Faizal Adriansyah MSi mengatakan, pemicu gempa dini hari tadi merupakan gerakan patahan di dasar laut sekitar Meulaboh, Aceh Barat.

Menurut Faizal, gempa tadi subuh bisa jadi adanya gerakan patahan atau sesar naik.

Baca juga: Gempa Bumi 6,4 SR Landa Meulaboh dan Nagan Raya

Baca juga: Gempa 6,4 SR Guncang Aceh, Dirasakan IV MMI di Meulaboh hingga Aceh Selatan, III MMI di Banda Aceh

"Melihat posisi pusat gempa di laut, ini ada kaitannya dengan zona subduksi atau zona tumbukan dari lantai Samudra Hindia yang menekan lempeng Benua Eurasia," ujarnya menjawab Serambimews.com, Sabtu pagi.

Ia terangkan, Pulau Sumatra adalah bagian depan dari kepingan lempeng Eurasia. Lepasnya energi dari tekanan ini yang menyebabkan gempa.

Faizal Adriansyah menambahkan, di perairan barat Sumatra, Selatan Jawa-Sumbawa-Bali dan seterusnya merupakan daerah yang banyak terbentuk sesar/patahan di dasar laut akibat adanya tumbukan dua lempeng besar dunia, yaitu Eurasia dan Hindia Australia.

Belakangan ini beberapa gempa kecil terjadi di Aceh, misalnya di Pidie Jaya, Simeulue, dan Aceh Jaya.

Namun, seperti gempa yang berpusat di sekitar Meulaboh pada Sabtu dini hari tadi, gempa- gempa terdahulu juga tidak bersifat merusak karena skalanya rendah hingga sedang.

Gempa terbaru ini meskipun guncangannya dirasakan di sebagian besar daratan Aceh, tapi dirasakan sedikit pun di Kota Sabang atau Pulau Weh. (*)

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,4 SR Guncang Provinsi Aceh Pagi Ini 24 September 2022

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved