Breaking News:

Harga Komoditi

Petani Cabai Merah di Pidie Panen, Harganya Langsung Turun jadi Rp 30.000/Kg, Bawang Merah Stabil 

Menurunnya harga cabai merah pada minggu keempat bulan September 2022 ini, setelah petani cabai merah di Pidie dan Pijay, panen cabai merah

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/HERIANTO
Pasokan cabai merah di Pasar Induk Lambaro bertambah namun harganya turun setelah petani di Pidie dan Pijay, minggu ini mulai panen cabai merah. 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Harga cabai merah di Pasar Induk Lambaro Aceh Besar memasuki minggu keempat September 2022 cenderung turun dari Rp 50.000/Kg jadi Rp 35.000 – Rp 30.000/Kg.

Kasus penurunan harga cabai merah, sama seperti bawang merah, setelah petani cabai merah di Pidie dan Pijay, mulai panen, harga cabai merah langsung turun.

“Menurunnya harga cabai merah pada minggu keempat bulan September 2022 ini, setelah petani cabai merah di Pidie dan Pijay, panen cabai merah,” kata Riswan, seorang pedagang cabai merah di Pasar Induk Lambaro, kepada Serambinews.com, Senin (26/9/2022).

Sudah Tiga Pekan Harga Cabai Merah di Pidie Anjlok, Ini Penyebabnya

Pagi ini, kata Riswan, dirinya mendapat kiriman cabai merah dua goni, setara 100 Kg, cabai hijaui 1 goni (50 Kg) dan cabai rawit 1 goni (50 Kg). Harga cabai rawit masih tetap Rp 50.000/Kg dan cabe hijau Rp 35.000/Kg.

Riswan menyebutkan, cabai merah yang dijualnya hari ini, kiriman dari penyalur cabe merah di Pidie, sebelumnya kiriman dari pedagang pengumpul cabe merah di Medan dan Pulau Jawa. Cabai rawit dan cabe hijau dari Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Riswan mengungkapkan, kenapa harga cabe merah memasuki minggu keempat September ini, mulai turun, disebabkan tanaman cabai merah petani di Pidie dan Pijay, sudah mulai panen, sehingga pasokan cabai merah ke Pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, jadi bertambah tiga kali lipat.

Kalau selama ini, pasokannya sekitar 500 Kg, sekarang bisa mencapai angka 1,5 ton, atau 1.500 Kg/hari. Karena, pasokan cabai merah sudah banyak dan yang menjual cabe merah juga bertambah di Pasar Induk Lambaro, otomatis berlaku hukum pasar.

Harga Cabai Merah di Pijay dan Pidie Turun, Ini Penyebabnya

"Jika suplai bertambah, permintaan stabil, harga akan cenderung turun,” ujar Riswan.

Ketika ditanya tentang harga bawang merah, Riswan mengatakan, harga bawang merah sudah tiga bulan bertahan pada level Rp 25.000 – Rp 30.000/Kg, karena panen bawang merah di Pidie dan Pijay, tidak serentak, sehingga mampu memenuhi permintaan pasar selama tiga bulan dan harganya jadi stabil dan terkendali.

Harga cabai merah, kata Riswan, juga akan stabil sampai tiga pekan ke depan, jika masa panen tanaman cabai merah petani di Pidie dan Pijay, berlangsung sampai Oktober dan November 2022.

Areal tanaman cabai merah di Pijay dan Pidie, hampir sama dengan tanaman bawang merah antara 50 – 100 hektare lebih.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Cut Huzaimah SP, MP melalui Kabid Hortikulturanya Khairil Anwar mengatakan, cabai merah yang di panen petani Pidie, Pijay dan daerah lainya, merupakan tanaman cabe merah swadaya petani setempat.

Tanaman cabai merah bantuan Pemerintah Aceh dan Pusat, kata Khairil Anwar, tahapannya baru pelaksanaan pengadaan bibit dan realisasi tanamnya bulan depan, sedangkan masa panennya bulan Desember dan Januari.

Areal tanaman cabe merah dan bawang merah bantuan pemerintah kepada petani, tidak banyak.

Bawang merah sekitar 90 hektar tersebar di tujuh Kabupaten, yaitu Aceh Besar, Aceh Tengah, Gayo Lues, Bener Meriah, Pidie, Pijay, Aceh Barat dan Aceh Utara. Semenatra cabe merah seluas 275 hektar, tersebar di lima kabupaten yaitu Pidie, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tamiang dan Abdya.(*)

Belasan Saksi Dimintai Keterangan Terkait Kasus Perampokan Uang Dayah MUDI Samalanga

Harga Emas Batangan Turun Lagi Hari Ini, Emas Perhiasan Bertahan di Kisaran Rp 2.880.000 per Mayam

Percepatan Penyelesaian LHP Inspektorat, Pj Bupati Kumpulkan Keuchik di Kantor Bupati

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved