Breaking News:

Cahaya Aceh

Festival Saman 2022 Dibuka Dengan Doa Bersama Kepada Almarhum Abu Tumin

Seperti mana di ketahui bersama, beliau wafat pukul 15.45 WIB dalam usianya yang ke-90 tahun di Rumah Sakit Fauziah Bireuen, Aceh. Abu Tumin merupakan

Editor: IKL
Dok. Disbudpar Aceh
Pembukaan festival Saman 2022 diawali dengan doa bersama kepada Almarhum Ulama karismatik Aceh, Abu Tumin 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pembukaan festival Saman 2022 diawali dengan doa bersama kepada Almarhum Ulama karismatik Aceh, Teungku Muhammad Amin Mahmud Syah atau akrab disapa Abu Tumin Blang Bladeh yang dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 27 September 2022.

Seperti mana di ketahui bersama, beliau wafat pukul 15.45 WIB dalam usianya yang ke-90 tahun di Rumah Sakit Fauziah Bireuen, Aceh. Abu Tumin merupakan salah satu ulama paling berpengaruh di Aceh.

Bukan hanya itu, beliau sering kali dimintai pendapat oleh pemerintah Aceh terkait hal-hal yang berhubungan dengan pemerintah dan agama. Setiap pendapat yang dikeluarkan Abu Tumin tidak pernah dibantah oleh ulama-ulama lainnya dan bahkan itu menjadi sebuah fatwa yang disepakati.

Pembukaan festival Saman 2022 diawali dengan doa bersama kepada Almarhum Ulama karismatik Aceh, Abu Tumin
Pembukaan festival Saman 2022 diawali dengan doa bersama kepada Almarhum Ulama karismatik Aceh, Abu Tumin (Dok. Disbudpar Aceh)

"Alhamdulillah, sebelum kegiatan festival Saman 2022 di mulai, seluruh peserta baik kru yang bekerja, bersama sama melaksanakan yasinan, untuk almarhum Ulama Aceh, Abu Tumin dan Ulama dari Qatar. Doa bersama di pimpin oleh komunitas masa," Kata Kepala Bidang Bahasa dan Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Nurlaila Hamjah, Rabu (28/09/2022) di Banda Aceh.

Nurlaila mengaku, awalnya pembukaan festival Saman 2022 direncakan dibuka lebih awal, dikarenakan suasana aceh sedang berkabung maka di undur beberapa jam begitu juga dengan suasana juga lebih kondusif.

"Pembukaan kegiatan Festival Saman itu sendiri di undur beberapa jam, kembali dilaksanakan setelah doa bersama dilaksanakan, dengan suasana lebih kondusif," Akunya.

Kolaborasi Tarian Saman yang menceritakan tentang cikal bakal nya tari saman membuka Perhelatan akbar festival Saman 2022 berlangsung suskes. kegiatan ini berlangsung di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh, dengan tema Sinergi Lintas Generasi dalam Merawat Tradisi.

"Untuk malam ini, akan ditampilkan 15 tim tari saman, yang berasal dari seluruh aceh. Bagi masyakarat yang ingin menyaksikan bisa langsung silahkan ke Taman Seni dan Budaya Banda Aceh," imbuhnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved