Breaking News:

Berita Bireuen

Abu Tumin Dishalatkan Belasan Kali, Dikebumikan di Kompleks Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam

Sebelum meninggal, Abu Tumin sudah tiga hari dirawat di rumah sakit itu karena kondisi fisiknya melemah dan mengalami sesak

Editor: bakri

* Warga Aceh di Malaysia Shalat Ghaib

BIREUEN - Jenazah ulama kharismatik Aceh, Tgk H Muhammad Amin bin Mahmud Syah ( Abu Tumin Blang Bladeh), dikebumikan di Kompleks Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam, Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Rabu (28/9/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Selain dishalatkan dalam masjid itu sebelum prosesi pemakaman, jenazah pimpinan Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam, Blang Bladeh, ini sudah dishalatkan belasan kali di rumahnya dan masjid yang sama sejak Selasa (27/9/2022) malam hingga Rabu (28/9/2022) pagi sekitar pukul 04.00 WIB Seperti diberitakan kemarin, Aceh kembali berduka setelah salah seorang ulama kharismatik yaitu Tgk Muhammad Amin bin Mahmud Syah atau Abu Tumin Blang Bladeh (95), meninggal dunia di RSUD dr Fauziah, Bireuen, pada Selasa (27/9/2022) sore pukul 15.45 WIB.

Sebelum meninggal, Abu Tumin sudah tiga hari dirawat di rumah sakit itu karena kondisi fisiknya melemah dan mengalami sesak.

Amatan Serambi, sekitar pukul 08.30 WIB kemarin, jenazah Abu Tumin dibawa dari rumahnya ke masjid dalam kompleks dayah menggunakan mobil ambulans.

Ratusan santri dan ribuan pelayat mengiringi hingga ke Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Putra, yang berada di pinggir jalan Banda Aceh-Medan.

Setiba di masjid, jenazah almarhum langsung dishalatkan yang diikuti oleh ribuan orang.

Usai dishalatkan, sekitar pukul 10.00 WIB, jenazah Abu Tumin dibawa ke lokasi pemakaman yang juga masih dalam kompleks dayah tersebut.

Baca juga: Abu Tumin Meninggal Dunia, Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq: Kita Kehilangan Guru Terbaik

Baca juga: Pemerintah Aceh Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Abu Tumin

“Shalat jenazah Abu ( Abu Tumin) hari ini (kemarin-red) dilaksanakan di masjid dalam kompleks dayah.

Yang menjadi imam adalah Abi Nas Jeunieb dan memberikan tausyiah Tgk Abdul Manan dari Blang Jrueng, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara,” jelas salah seorang keluarga almarhum, Tarmizi ST, kepada Serambi, Rabu (28/9/2022).

Selain ribuan warga dari berbagai kalangan, shalat jenazah untuk almarhum Abu Tumin, kemarin, juga diikuti oleh beberapa ulama kharismatik Aceh lainnya seperti Tgk H Usman Ali atau Abu Kuta Krueng (Pimpinan Dayah Darul Munawwarah, Gampong Kuta Krueng, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya), Tgk H Nuruzzahri atau Waled Nu (Pimpinan Dayah Ummul Ayman, Samalanga, Bireuen), dan teungku-tengku dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh, termasuk dari Meulaboh, Aceh Barat.

Sebelum dishalatkan di masjid dayah menjelang pemakaman, menurut Tarmizi, jenazah Abu Tumin juga sudah belasan kali dishalatkan sejak Selasa (27/9/2022) usai Magrib hingga Rabu (28/9/2022) pagi pukul 04.00 WIB.

Shalat jenazah itu dilaksanakan di rumah almarhum kawasan Dusun Mesjid, Desa Kuala Jeumpa, Kemukiman Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, dan Masjid Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam, yang berjarak sekitar 200 meter ke arah timur dari rumah almarhum.

Shalat jenazah untuk Abu Tumin hingga belasan kali karena setiap pelayat yang datang ke rumah almarhum, semuanya ingin melaksanakan shalat tersebut sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Abu Tumin sebelum dimakamkan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved