Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

APBK-P 2022 Abdya Disahkan, Pj Bupati Apresiasi Gerak Cepat Dewan

Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Perubahan tahun 2022 Aceh Barat Daya (Abdya) disepakati dan disahkan lebih dari Rp 1 triliun

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM dan Ketua DPRK Abdya, Nurdianto disaksikan unsur Forkopimda menandatangani berita acara persetujuan bersama pengesahan rancangan qanun APBKP 2022 di gedung DPRK setempat, Rabu (28/9/2022). 

BLANGPIDIE - Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Perubahan tahun 2022 Aceh Barat Daya (Abdya) disepakati dan disahkan lebih dari Rp 1 triliun.

Pengesahan itu tertuang dalam berita acara antara DPRK dan Pemkab Abdya dalam rapat paripurna penutupan pembahasan rancangan qanun APBK Perubahan tahun 2022 di Gedung DPRK setempat, Rabu (28/9/2022).

Sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRK, Nurdianto dengan didampingi Wakil Ketua I, Syarifuddin dan Wakil Ketua II, Hendra Fadli SH tersebut turut dihadiri Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM, Sekda Abdya, Salman Alfarisi ST, unsur Forkopimda, para anggota DPRK dan Kepala SKPK di lingkungan Pemkab setempat.

Dalam sidang paripurna tersebut telah disepakati dan disetujui belanja daerah, sebagaimana tertuang dalam berita acara yang disampaikan Badan Anggaran DPRK Abdya bahwa, belanja daerah setelah perubahan menjadi Rp 1.009.254.427.931.

Sebelum perubahan, APBK Abdya senilai Rp 1.000.044.842.547 dan mengalami peningkatan sebesar Rp 9.209.585.384.

Sementara untuk pendapatan, sebelum perubahan Rp 898.637.580.732 dan mengalami peningkatan sebesar Rp 4.681.637.666, sehingga setelah perubahan menjadi Rp 903.319.218.398.

Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM pada kesempatan itu mengapresiasi gerak cepat DPRK Abdya dalam membahas serta mengesahkan anggaran perubahan tahun 2022.

Demikian juga dengan tim anggaran pemerintah kabupaten (TAPK) yang telah bekerja keras dalam membahas anggaran dimaksud dengan pihak DPRK.

Baca juga: Pj Wali Kota Banda Aceh Serahkan Raqan APBK-P 2022 kepada DPRK, Lebih Proporsional dan Efektif

Baca juga: Jalan Kunyet Padang Tiji Akhirnya Diaspal, Gunakan APBK-P Rp 2,5 Miliar

"Rancangan Perubahan APBK 2022 yang diajukan ke forum dewan yang terhormat ini telah dibahas melalui beberapa tahap pembahasan dan yang diakhiri dengan pendapat akhir dari fraksi-fraksi," papar Pj Bupati Abdya, Darmansah.

Perlu Evaluasi SKPK

Dari hasil pemandangan umum, pendapat akhir dalam forum, kata Darmansah, banyak saran dan pendapat serta usul yang sangat berguna dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di Abdya pada masa yang akan datang.

"Termasuk persoalan mengenai beberapa SKPK yang perlu dilakukan evaluasi mulai dari SDM hingga layanannya," ungkapnya.

Darmansah menyebutkan, saran dan pendapat dari legislatif sangat diperlukan karena legislatif merupakan mitra pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan tugas dan wewenang masing masing.

"Sebuah anugerah yang sangat dihargai selama berlangsungnya rapat paripurna adalah rasa kebersamaan dalam pembahasan antara pihak eksekutif dengan legislatif, sehingga perubahan APBK 2022 dapat dirampungkan lebih cepat melalui musyawarah secara mufakat," ungkapnya. (tz)

Baca juga: Tiga Fraksi DPRK Nagan Raya Sampaikan Pemadangan Umum APBK-P Tahun 2022

Baca juga: Pj Bupati Aceh Singkil Sampaikan Pengantar Nota Keuangan Raqan APBK-P 2022, Belanja Naik Rp 13,5 M

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved