Breaking News:

Berita Nagan Raya

Pemerintah Pusat Bantu Dana Rp 20 Miliar untuk Bangun Tanggul Pengaman Erosi Krueng Tripa

Penanganan erosi Krueng Tripa itu nantinya akan dilakukan pada tiga titik, yaitu di Gelanggang Gajah, Drien Tujoh dan Kuala Baro.

Penulis: Rizwan | Editor: Taufik Hidayat
Dok BPBD
Jalan provinsi di Drien Tujoh Kecamatan Tripa Makmur, Nagan Raya digerus erosi, Selasa (22/3/2022) 

Laporan Rizwan | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Pemerintah Pusat melalui dana APBN tahun 2022 mengalokasikan anggaran Rp 20,8 miliar untuk Kabupaten Nagan Raya.  Anggaran tersebut dikucurkan dalam penanganan erosi Krueng Tripa di Tripa Makmur.

Turunnya anggaran pusat setelah dilakukan usulan oleh Bupati HM Jamin Idham bersama BPBD Nagan Raya serta didukung Pemerintah Aceh.  

Saat ini, BPBD Nagan Raya sedang mempersiapkan dalam proses rencana pelelangan anggaran untuk pelaksanaan pembangunan tanggul erosi.

Hal itu dikatakan Kalak BPBD Nagan Raya, Irfanda Rinadi kepada Serambinews.com, Senin (3/10/2022).

"Alhamdulillah, tahun ini yang diusul Pemkab Nagan Raya ke APBN turun. Kini sedang dilakukan tahapan guna dilelang serta ke depan akan dikerjakan," kata Irfanda.

Dikatakan, dalam penanganan dilakukan pada tiga titik yakni Gelanggang Gajah, Drien Tujoh dan Kuala Baro.  Erosi Krueng Tripa pada titik tersebut telah mengerus jalan provinsi sehingga semakin terkikis. 

"Dengan pembangunan tanggul penahan diharapkan erosi tidak meluas dan semakin parah pada tiga titik tersebut," jelasnya.

Anggaran Rp 20,8 miliar yang turun melalui APBN 2022 itu khusus penanganan tanggul. Sedangkan penanganan jalan provinsi Lamie-Langkak yang digerus erosi telah diusulkan Pemkab Nagan Raya ke provinsi. Sebab jalan provinsi harus ditangani melalui dana provinsi.

"Informasi kami peroleh akan ditangani jalan provinsi di Nagan tahun 2023 oleh provinsi," kata Irfanda.(*)

Baca juga: Jalan Provinsi Lamie-Langkak di Nagan Raya Hanya Tersisa 1 Meter Lagi Gegara Digerus Krueng Tripa

Baca juga: Bocah Ini Yatim Piatu dalam Semalam, Orangtuanya Jadi Korban Kanjuruhan, Tangis Pecah Saat Pemakaman

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved