Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Pj Bupati Aceh Jaya Pimpin Apel Pasukan Operasi Zebra Seulawah 2022, Ini 8 Sasaran Penindakan

Dr Nurdin menerangkan, sasaran prioritas operasi kali ini, antara lain pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara.

Penulis: Riski Bintang | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin memasang pita pada salah seorang personel saat apel pasukan pelaksanaan Operasi Zebra Seulawah Tahun 2022 di halaman Mapolres Aceh Jaya, Senin (3/10/2022). 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Kepolisian Resor (Polres) Aceh Jaya menggelar Operasi Zebra Seulawah 2022 yang ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin, di halaman Mapolres setempat, Senin (3/10/2022).

Apel gelar pasukan tersebut mengusung tema "Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang Presisi”.

Apel itu turut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dari Muspida serta diikuti personel dari satuan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, serta Satpol PP Aceh Jaya.

Pada saat memimpin apel, Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin membacakan amanat Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Ahmad Haydar.

Dalam amanatnya yang dibacakan Pj Bupati Dr Nurdin, Kapolda mengatakan, Operasi Zebra Seulawah tahun 2022 bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi. 

"Sehingga diharapkan kegiatan operasi berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan target serta sasaran yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Baca juga: Polda Aceh Gelar Pra-Operasi Zebra Seulawah 2022.

"Selain itu, operasi ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas di Provinsi Aceh,” lanjut Pj Bupati Aceh Jaya membacakan amanat Kapolda.

 Berdasarkan data analisa dan evaluasi pelaksanaan Operasi Zebra Seulawah Tahun 2020 dan 2021 di wilayah hukum Polda Aceh, terungkap bahwa pada tahun 2020, terdapat 35 kejadian dan tahun 2021 terjadi 27 kejadian.

Sedangkan korban meninggal dunia terjadi kenaikan 11% untuk tahun 2020, yaitu sebanyak 9 korban jiwa, dan tahun 2021 kenaikan menjadi 10 korban jiwa.

“Tingginya angka kecelakaan lalu lintas tersebut sangat berkolerasi terhadap jumlah fatalitas korban, baik korban meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan,” sebut Dr Nurdin.

Dr Nurdin menerangkan, yang jadi sasaran prioritas operasi kali ini, antara lain pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara.

Lalu, pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur, serta pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.

Baca juga: Operasi Zebra Seulawah, Polantas Sosialisasikan Keamanan Berkendara ke Sekolah

Selanjutnya, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi ataupun pengendara ranmor yang tidak menggunakan safety belt.

Kemudian, pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol, pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus, serta pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Operasi Zebra Seulawah 2022 yang akan digelar mulai tanggal 3 Oktober 2022 sampai dengan 16 Oktober 2022 di Jajaran Polda Aceh.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved