Breaking News:

Berita Pidie

Digerus Arus Sungai, Empat Rumah di Keumala Terancam Ambruk

"Salah satu rumah milik Miswarni bagian dapurnya telah ambruk ke dasar sungai, sedangkan tiga yang lainnya hanya terpaut 60 Cm sampai 1 meter...

Penulis: Idris Ismail | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Warga Gampong U Gadeng, Kecamatan Keumala, Pidie memperlihatkan rumah masyarakat gampong setempat yang berada di sisi bantaran sungai Krueng Keumala yang nyaris ambruk akibat erosi sepanjang tahun, Selasa (4/10/2022). 

"Salah satu rumah milik Miswarni bagian dapurnya telah ambruk ke dasar sungai, sedangkan tiga yang lainnya hanya terpaut 60 Cm sampai 1 meter dengan sisi bantaran sungai," imbuh Tgk Baktiar selaku masyarakat U Gadeng , Kecamatan Keumala, Pidie kepada Serambinews.com, Selasa (4/10/2022).

Laporan Idris Ismail I Pidie

SERAMBINEWS.COM,SIGLI - Empat unit rumah warga Gampong U Gadeng, Kecamatan Keumala, Pidie terancam ambruk digerus arus sungai Krueng Keumala dalam dua tahun terakhir ini. 

Keempat rumah warga Gampong U Gadeng, Keumala yang nyaris ambruk ke sungai itu masing-masing, Miswarni (55), Poeni (70), masyitah (56), dan Salma (60).

"Salah satu rumah milik Miswarni bagian dapurnya telah ambruk ke dasar sungai, sedangkan tiga yang lainnya hanya terpaut 60 Cm sampai 1 meter dengan sisi bantaran sungai," imbuh Tgk Baktiar selaku masyarakat U Gadeng , Kecamatan Keumala, Pidie kepada Serambinews.com, Selasa (4/10/2022).

Disebutkan juga dampak erosi sungai Krueng Keumala  (Baro Raya) telah menggerus tebing sungai atau bantaran. 

Sehingga pemukiman milik warga serta areal kebun menjadi sasaran amukan erosi sungai.

Karenanya, warga mendesak agar pemerintah baik kabupaten maupun provinsi untuk dapat membangun bronjong  penahan tebing sungai supaya eroso tidak terus menggerus pemukiman warga.

'Jika tidak disahuti akan terus mengancam bagi kenyamanan rumah, kebun, serta akses ruas jalan lintas kabupaten,"ujarnya. (*)

Baca juga: Jalan Lingkar Pulau Balai Tergerus Abrasi

 

 

 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved