Breaking News:

UIN Ar Raniry

UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sejarah, Jumlah Profesor, Jurusan hingga SPP Biaya Kuliah Lengkap

Sejarah, jumlah profesor, jurusan hingga SPP biaya kuliah di UIN Ar-Raniry perguruan tinggi berjuluk Kampus Biru atau Jantong Hate Rakyat Aceh ini.

Penulis: Sara Masroni | Editor: Muhammad Hadi
Dok UIN Ar-Raniry
Sejarah, jumlah profesor, jurusan hingga SPP biaya kuliah di UIN Ar-Raniry perguruan tinggi berjuluk Kampus Biru atau Jantong Hate Rakyat Aceh ini. 

SERAMBINEWS.COM - Setiap 5 Oktober diperingati Hari Jadi Universitas Islam Negeri atau UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Berikut sejarah, jumlah profesor, jurusan hingga SPP biaya kuliah di perguruan tinggi berjuluk Kampus Biru atau Jantong Hate Rakyat Aceh ini.

Diketahui UIN Ar-Raniry merupakan salah satu kampus negeri favorit di Aceh. Mulai dari sejarah, letak bangunan hingga fasilitas, menjadikan kampus ini sebagai pilihan.

Kampus UIN Ar-Raniry terletak di Jalan Syeikh Abdul Rauf, Komplek Pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darussalam Banda Aceh yang berseberangan langsung dengan Universitas Syiah Kuala.

Baca juga: Cara Daftar SBMPTN 2022 dan Tips Lulus Tes Perguruan Tinggi dari Duta Kampus USK & UIN Ar-Raniry

Rektor UIN Ar-Raniry bernama Prof Dr Mujiburrahman yang dilantik masa jabatan 2022-2026.

Hingga saat ini per Rabu (5/10/2022), UIN Ar-Raniry sudah memiliki 54 jurusan atau program studi (prodi) dengan sembilan fakultas, mulai dari ilmu saintifik hingga keagamaan yang dapat dilihat di sini.

 

 

Sementara program pascasarjana UIN Ar-Raniry, untuk magister (S2) terdiri dari tujuh jurusan dan untuk doktoral (S3) terdiri dari dua jurusan yang dapat dilihat di sini.

Masih per hari ini Rabu, UIN Ar-Raniry sudah memiliki 22 profesor atau guru besar dari 500-an dosen di perguruan tinggi berjuluk Kampus Biru itu.

Daya tampung UIN Ar-Raniry tahun 2022 sebanyak 5.165 dari lima jalur masuk untuk mahasiswa baru yang dibuka.

Baca juga: UIN Ar Raniry Dukung Jalur Rempah Diusul ke UNESCO

Kelima jalur pendaftaran tersebut, yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dalam hal ini kepanitiaannya di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selanjutnya, di bawah Kementerian Agama melalui jalur Seleksi Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

Untuk presentase kuota seleksi tahun 2022 jalur SPAN dan SNMPTN 30 persen, UM-PTKIN dan SBMPTN 40 persen dan jalur terakhir PMB Lokal 30 persen.

Sejarah, jumlah profesor, jurusan hingga SPP biaya kuliah di UIN Ar-Raniry perguruan tinggi berjuluk Kampus Biru atau Jantong Hate Rakyat Aceh ini.
Sejarah, jumlah profesor, jurusan hingga SPP biaya kuliah di UIN Ar-Raniry perguruan tinggi berjuluk Kampus Biru atau Jantong Hate Rakyat Aceh ini. (Dok Sumberpost)
Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved