Breaking News:

Berita Bireuen

Operasi Zebra Seulawah 2022, Satlantas Polres  Bireuen Tilang Sejumlah Pengendara Roda Dua

Jajaran Satlantas Polres Bireuen, Kamis (6/10/20222), menilang sejumlah kendaraan roda dua dalam razia di sejumlah tempat dalam wilayah Bireuen.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Saifullah
Foto Dok Satlantas
Seorang pengendara roda dua sedang diperiksa anggota Satlantas Polres Bireuen karena tidak memakai helm di kawasan Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Jajaran Satlantas Polres Bireuen, Kamis (6/10/20222), menilang sejumlah kendaraan roda dua dalam razia di sejumlah tempat dalam wilayah Bireuen.

Razia tersebut merupakan bagian dari Operasi Zebra seulawah 2022 yang dimulai sejak Senin (3/10/202) lalu.

Dalam operasi kali ini, selain menggelar razia di beberapa lokasi, Satlantas juga melakukan hunting sistem.

Kasat Lantas Polres Bireuen, AKP Andrew Agrifina Prima Putra, SIK melalui KBO Lantas, Ipda Taufikurrahman, SH kepada Serambinews.com, Kamis (6/10/2022), mengatakan, anggota Satlantas Polres Bireuen melaksanakan kegiatan Ops Zebra Seulawah 2022 hunting system.

Sasarannya adalah penertiban sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan kelengkapan surat kendaraan,sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

“Hal ini merupakan tindak lanjut dari program Aceh Zero Traffic Accident di wilayah hukum Polres Bireuen,” katanya.

Baca juga: Operasi Zebra Seulawah 2022, Satgas Gakkum Tegur 41 Pengendara di Banda Aceh

Dijelaskan dia, hunting sistem atau sistem hunting adalah upaya petugas untuk melakukan penindakan langsung terhadap pengguna jalan yang dengan kasat mata melakukan pelanggaran.

Pola penindakan hunting sistem ini bersifat insidentil. Petugas tak terus-terusan berada di suatu tempat, tapi juga melakukan patroli.

Dalam sistem hunting, ada belasan kendaraan terpaksa di tilang karena terlihat secara kasat mata melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Ada yang tidak memakai helm maupun pelanggaran lainnya diberhentikan, setelah diperiksa maka diberikan surat tanda tilang,” tukasnya.

Operasi Zebra Seulawah 2022, tambah Kasat Lantas, dengan sasaran pengendara yang melakukan pelanggaran yakni, menggunakan ponsel saat berkendara.

Kemudian, pengendara di bawah umur. Lalu, pengendara yang tidak menggunakan helm (SNI),  membonceng lebih dari satu, tidak menggunakan safety belt bagi kendaraan roda empat atau lebih, dan berkendara dalam keadaan mabuk.

Baca juga: Siap-siap! Operasi Zebra Seulawah 2022 Digelar Selama 14 Hari, Pengendara Wajib Hindari Hal Ini  

Selanjutnya, pengendara yang melawan arus dan mengendarai kenderaan melebihi  batas kecepatan atau ugal ugalan.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved