Breaking News:

Info Singkil

Marthunis Instruksikan Kepala Dinas Segera Jawab Pengaduan Masyarakat di SP4N LAPOR

Bukan hanya memberikan instruksi, Marthunis juga di hadapan kepala SKPK demokan cara menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang masuk melalui aplikasi

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/dok Prokopim Setdakab Aceh Singkil
Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis menyampaikan cara tindak lanjut pengaduan masyarakat yang masuk ke SP4N LAPOR kepada jajarannya, Jumat (21/10/2022) 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis instruksikan kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) di jajarannya segera menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat yang masuk ke Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR).

Bukan hanya memberikan instruksi, Marthunis juga di hadapan kepala SKPK demokan cara menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang masuk melalui aplikasi SP4N LAPOR.

Informasi tersebut disampikan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Prokopim Setdakab Aceh Singkil, Abdul Rahman.

"Begitu besarnya perhatian Pak Pj Bupati atas pengaduan masyarakat. Beliau instruksikan kepala SKPK, agar segera menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat yang sudah masuk ke SP4N-LAPOR," kata Abdul Rahman.

SP4N LAPOR! Dibutuhkan untuk Jamin Pengaduan Masyarakat 

Pj Bupati sebut Rahman, mengingatkan kepala SKPK agar responsif dan tidak lalai. Oleh karena itu, lakukan pemantauan secara rutin pengaduan yang masuk. Jangan menunggu laporan dari bawahan baru bertindak.

Tindak lanjut atas pengaduan masyarakat secara cepat, diyakini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, yang akhir-akhir ini cenderung menurun.

Pada 21 Oktober 2022 Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis launching Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR).

Launching dilakukan dalam apel gabungan yang melibatkan seluruh pegawai di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat di halaman kantor bupati di Pulo Sarok, Singkil.

Sebelum launching Marthunis mengutip Surat An-Nisa ayat 58.

"Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil".

Setelah mengutip ayat tersebut Marthunis menyatakan bahwa ada hak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, saran dan pengaduan terkait apapun kepada pemerintah.

Selama ini sebutnya wadah pengaduan tersebut belum tertampung dengan baik oleh pemerintah.

Sehingga masyarakat menyalurkannya melalui media lain yang tidak diketahui siapa yang menyampaikannya.

Setelah launching aplikasi SP4N LAPOR, maka keluhan masyarakat tertampung. Marthunis menegaskan dirinya berkomitmen melakukan pengawasan rutin tindak lanjut laporan masyarakat melalui SP4N LAPOR.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved