Breaking News:

Berita Banda Aceh

Anggota Panwascam Se-Kota Banda Aceh Dilantik, Ini Pesan Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar

Seusai pelantikan, dalam acara digelar Panwaslih Banda Aceh ini dilanjutkan bimbingan teknis kepada para Anggota Panwascam ini. 

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar 

Seusai pelantikan, dalam acara digelar Panwaslih Banda Aceh ini dilanjutkan bimbingan teknis kepada para Anggota Panwascam ini. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Anggota Panitia Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan atau Panwascam se-Kota Banda Aceh dilantik di Hotel Oasis, Banda Aceh, Jumat (28/10/2022). 

Seusai pelantikan, dalam acara digelar Panwaslih Banda Aceh ini dilanjutkan bimbingan teknis kepada para Anggota Panwascam ini. 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota atau DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, dalam arahannya saat acara ini menyatakan bahwa anggota Panwascam berperan penting menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Ada beberapa hal yang perlu ditanamkan dalam diri para pengawas pemilu, sehingga bisa bekerja dengan tulus dan independen dalam mengawasi proses pemilu pada 2024,” kata Farid saat memberikan arahan kepada anggota Panwascam yang baru dilantik. 

Menurut Farid, para pengawas harus bekerja tulus dan ikhlas, bukan karena motivasi yang lain.

Baca juga: 69 Panwascam di Pidie Dikukuhkan, Enam Kecamatan Tidak Terwakili Perempuan

Selain itu juga harus bekerja dengan cerdas dalam memahami regulasi karena itu merupakan salah satu konsideran dasar pengawas dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Selanjutnya, pengawas juga harus bekerja serius dalam mengawasi pelaksanaan pemilu di Kota Banda Aceh agar berjalan dengan baik.

Bukan berdasarkan kepentingan-kepentingan yang lain, karena para pengawas sudah mengucapkan pakta integritas ketika dilantik.

“Para pengawas juga dituntut bekerja keras. Jangan bersemangat di awal saja, tapi harus tetap bersemangat hingga proses dan menentukan hasil akhir nantinya," ucap Farid yang juga Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banda Aceh ini.

Selain itu, Farid juga berharap pemilu di Banda Aceh berlangsung dengan jurdil atau jujur dan adil.

Oleh karenanya, sambung Farid, perlu menjaga sikap independensi dan netralitas sehingga akan memberikan kewibawaan bagi pengawas di hadapan para kontestan pemilu.

Baca juga: VIDEO Awas, Hoaks Jelang Pemilu - Bincang Politik

Selanjutnya, para pengawas juga harus bekerja profesional, terutama dalam memproses ketika menerima laporan atau aduan pelanggaran pemilu dan selalu mengedepankan upaya pencegahan.

"Melakukan edukasi dalam upaya pencegahan pelanggaran dalam pemilu juga harus dilakukan oleh seorang pengawas. Tingkatkan upaya pencegahan itu agar pemilu berlangsung dengan baik," harapnya.

Di samping melaksanakan tugas sebagai Panwascam, masyarakat juga perlu diajak partisipasinya yang ikut mengawas kerja pengawas itu sendiri.

"Jadilah wasit yang adil, tidak memihak dan membuat keputusan keliru. Semoga ini semua dapat mewujudkan proses demokrasi di Kota Banda Aceh yang lebih baik," pungkas Farid Nyak Umar. (*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved