Breaking News:

Berita Pidie

Amukan Gajah Sangat Mengerikan, Petani di Keumala Trauma Berat

Para petani di Keumala mengalami trauma berat saat mengetahui kondisi M Affan yang meninggal dengan kondisi menggenaskan

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Warga menemukan bagian tubuh yang hilang diduga milik M Affan warga Gampong Pako, Kecamatan Keumala, Pidie, dikawasan Gle Alue Batee, Sabtu (29/10/2022. 

SIGLI - Para petani di Keumala mengalami trauma berat saat mengetahui kondisi M Affan yang meninggal dengan kondisi menggenaskan.

Peristiwa mengerikan itu telah membuat warga ketakutan.

"Amukan gajah ini sangat mengerikan.

Petani di Keumala mengalami trauma berat atas kejadian tersebut," kata Imum Mukim Keumala, H Syarwan, saat melaporkan gangguan gajah kepada Ketua DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail, di rumah almarhum M Affan, Gampong Pako, Sabtu (29/10/2022).

Untuk itu, H Syarwan meminta Pemerintah hadir mencari solusi, agar satwa liar itu tidak terus menerus merusak tanaman milik masyarakat.

Dia mengaku, permasalahan gajah ini sudah berulangkali dilaporkan kepada pemerintah, tapi belum ada keseriusan untuk menanganinya.

"Bahkan kami pernah melaporkan gangguan gajah kepada anggota DPR RI Nasir Djamil saat berkunjung ke Keumala, agar dilaporkan ke Kementerian supaya adanya solusi," sebutnya.

H Syarwan mengatakan, trauma yang menghantui setelah kejadian itu menyebabkan warga tidak berani pergi ke kebun.

Sementara sebagian besar warga mengantungkan kehidupannya dari hasil berkebun.

"Bagaimana jika warga tidak berani pergi ke kebun akibat gangguan gajah? Bagaimana biaya pendidikan anak yang selama ini mengandalkan hasil kebun," kata H Syarwan sambil bertanya yang juga dibenarkan sejumlah warga lainnya.

Camat Keumala, Nurjannah, menyebutkan dirinya bersama Camat Sakti, Nurmasyitah sering beradu argumen dengan pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), terkait belum adanya keseriusan pihak terkait dalam menangani gangguan gajah.

Baca juga: Pj Bupati Pidie Kunjungi Rumah Duka Korban Meninggal Dunia Akibat Diinjak Gajah di Keumala

Baca juga: Warga Keumala Trauma Pascameninggalnya Petani Akibat Diinjak Gajah

Selain itu, kata Nurjannah, untuk mengobati rasa trauma masyarakat, harus ada kompensasi untuk menutupi kerugian petani akibat tanaman yang dirusak gajah.

Tapi, kompensasi tersebut hingga kini belum ada realisasi.

"Memang ada wacana bahwa warga yang terdampak gangguan gajah akan mendapatkan bantuan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved