Breaking News:

Berita Banda Aceh

Dana Sertifikasi Guru Cair, Total Rp 72 Miliar, PPPK Guru Resmi Dibuka

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan sudah membayar dana tunjangan profesi guru (TPG) atau yang disebut dana sertifikasi tahap pertama

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
MUKSALMINA, Kabid Pembinaan GTK Disdik Aceh 

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan sudah membayar dana tunjangan profesi guru (TPG) atau yang disebut dana sertifikasi tahap pertama untuk triwulan ketiga.

Dana yang bersumber dari dari dana alokasi khusus (DAK) non-fisik dengan total sekitar Rp 72 miliar.

Pembayaran tunjangan profesi guru itu juga termasuk untuk para guru yang sudah lulus ASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK).

Pembayaran sertifikasi ini untuk periode bulan Juli sampai September 2022 yang sudah berstatus valid Info GTK berjumlah 5.776 guru pada jenjang satuan Pendidikan SMA/SMK dan SLB.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh melalui Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Muksalmina SPd MSi, mengharapkan, agar para guru dapat menggunakan dana tunjangan profesi yang sudah diterimanya dengan bijaksana, kiranya dapat menyisihkan sedikit untuk pengembangan keprofesionalitas diri dalam kapasitas sebagai seorang guru.

"Kami juga menyampaikan bahwa Tunjangan Profesi Guru yang diterima tersebut merupakan hak sepenuhnya para guru, dan tidak ada potongan apapun selain pajak dan zakat," terangnya.

Dikatakan, untuk iuran jaminan BPJS kesehatan sebanyak 4 persen sudah ditanggung Pemerintah Aceh melalui Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 2,7 miliar.

"Semoga dengan cairnya dana tunjangan profesi guru tahap pertama pada triwulan ketiga, dapat meningkatkan motivasi para guru dalam mendidik dan mencerdaskan anak-anak didiknya pada satuan pendidikan masing-masing," ujar Muksalmina.

Ia menambahkan, untuk saat ini terdapat lebih kurang 1.000 guru yang dana sertifikasinya belum dapat dibayarkan.

Hal ini dikarenakan status Info GTK-nya belum valid, sehingga SKTP dari Kemendikbud belum terbit.

Baca juga: Dana Sertifikasi Guru Segera Cair

Baca juga: Horee, Insentif Guru PNS, Non-PNS, dan Sertifikasi Guru SMA, SMK, dan SLB Se-Aceh Cair

"Insya Allah jika SKTP sudah terbit, maka kita akan melakukan pembayaran segera mungkin, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku," pungkas Muksalmina.

Kepala Bidang GTK Disdik Aceh, Muksalmina juga mengatakan, tahapan penerimaan guru melalui jalur PPPK tahun 2022 resmi dibuka, Senin (31/10/2022).

Seluruh calon peserta seleksi, wajib membuat akun https://sscasn.bkn.go.id/ apabila belum memiliki akun.

Jika peserta sudah memiliki akun, hanya tekan login dan masuk.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved