Breaking News:

Berita Aceh Tenggara

Pemkab Benahi Lokasi Banjir, Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara terus melakukan berbagai upaya untuk membenahi lokasi banjir bandang dan banjir sungai

Editor: bakri
SERAMBI/ASNAWI LUWI
Warga korban banjir bandang di Desa Rambung Teldak, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh Tenggara, sedang member- sihkan rumah, Kamis (3/11/2022). 

KUTACANE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara terus melakukan berbagai upaya untuk membenahi lokasi banjir bandang dan banjir sungai, yang terjadi di beberapa kecamatan di bumi Sepakat Segenep.

"Banjir bandang terparah terjadi di Rambung Teldak, Lawe Pinis, Sri Muda dan Makmur Jaya.

Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah menurunkan alat berat menyingkirkan batu yang menutup jembatan dan rumah warga.

Selain itu, Pemkab juga menurunkan alat berat untuk meluruskan dan mengembalikan aliran sungai yang pada saat kejadian berpindah dari bawah jembatan menuju pemukiman warga Sri Muda, Makmur Jaya dan Lawe Pinis.

“Di lokasi lain yang jadi sasaran banjir, Pemkab juga sudah menurunkan alat berat dan pendirian posko kesehatan," ujar Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs Syakir MSi melalui Kalaksa BPBD Nazmi Desky dan Kadis Kominfo Zul Fahmy, dalam rilisnya, Kamis (3/11/2022).

Kalaksa BPBD Aceh Tenggara, Nazmi Desky, menyebutkan, berdasarkan data terkini, masyarakat yang terdampak banjir sungai dan banjir bandang tercatat sebanyak 1.121 jiwa atau 289 KK.

Dirincikan, untuk lima desa di kecamatan Darul Hasanah 520 jiwa atau 80 KK, sedangkan sisanya terdampak banjir sungai yang terjadi di Kecamatan Bambel, Bukit Tusam, Babul Makmur, Lawe Alas dan Tanoh Alas.

Dari lima desa di Darul Hasanah yang menjadi sasaran banjir bandang, rumah warga yang rusak tercatat sebanyak 189 unit dengan rincian 142 unit rusak sedang dan ringan serta 47 unit lainnya rusak berat.

Jalan dan jembatan putus akibat luapan sungai Lawe Buk dan Lawe Didi tercatat sebanyak 3 unit, yakni jembatan Natam – Tanjung dan Mamas, Jembatan Lawe Buk Rambung Jaya dan jembatan yang menghubungkan Lawe Pinis-Sri Muda serta jalan amblas yang menghubungkan Makmur Jaya-Kuning Abadi menuju Kecamatan Ketambe.

Baca juga: Banjir Lumpuhkan Jalur Medan-Banda Aceh, Jenazah dari Medan Tertahan Lima Jam

Baca juga: Lintas Banda Aceh-Medan Lumpuh, Bus dan Truk Nekat Terobos Banjir, Sejumlah Desa Terisolir

Sementara lahan pertanian dan perkebunan yang rusak akibat banjir bandang dan banjir sungai di Kecamatan Darul Hasanah dan kecamatan lainnya, tercatat seluas 250 hektare, mulai dari lahan jagung dan padi serta tanaman perkebunan lainnya, ditambah sarana ibadah dan sarana pendidikan yang rusak seta fasilitas kesehatan yang rusak dan ambruk dihantam banjir sungai.

Kepala Dinas Sosial Aceh Tenggara, Bahagiwati, mengatakan, untuk memulihkan kondisi mental dan kebutuhan 520 warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Darul Hasanah.

Pemkab sudah mendirikan dapur umum dan kebutuhan air mineral, akibat rusaknya semua fasilitas air bersih yang selama ini berasal dari kawasan pegunungan dan perbukitan serta menetapkan waktu 14 hari untuk masa panik Pihak Pemkab melalui Pj Bupati Syakir dan Sekdakab Mhd Ridwan serta anggota Komisi IV DPR RI, HM Salim Fakhry, Rabu (2/11/2022), berkeliling meninjau langsung lokasi banjir bandang di Darul Hasanah dan lokasi terdampak banjir sungai di kecamatan lainnya, juga memberikan santunan pada keluarga korban tewas terseret banjir bandang Lawe Buk dan memberikan bantuan langsung pada keluarga korban Samine dan Siah Indah di Kute Kubu kecamatan Lawe Alas.

Pemerintah Aceh menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang di Aceh Tenggara, di Kampung Rambung Teldak, Kecamatan Darul Hasanah, Kamis (3/11/2022) Bantuan itu berupa sandang dan pangan yang diserahkan PJ Gubernur Aceh Achmad Marzuki melalui Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBA Dr Ir Ilyas MP, didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBA, Fadmi Ridwan SP MA bersama Forkopimda kepada Pj Bupati Aceh Tenggara, Syakir.

Penyerahan bantuan itu juga sekaligus kunjungan Kalaksa BPBA untuk meninjau jembatan putus akibat banjir di Desa Tanjung, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh Tenggara.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved