Breaking News:

Luar Negeri

Gempa M 7,4 Guncang Tonga, Picu Peringatan Tsunami, Apakah Berdampak ke Indonesia?

Gempa M 7,4 mengguncang laut lepas di wilayah Tonga pada hari ini, Jumat (11/11/2022), sebagaimana dilaporkan oleh Survei Geologi Amerika Serikat

Editor: Faisal Zamzami
TRIBUN SOLO
Ilustrasi gempa bumi 

SERAMBINEWS.COM - Gempa M 7,4 mengguncang laut lepas di wilayah Tonga pada hari ini, Jumat (11/11/2022), sebagaimana dilaporkan oleh Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Gempa ini sempat memicu peringatan tsunami, tetapi pada Jumat (11/11/2022) sekitar pukul 20.30 WIB, pemerintah setempat mencabut peringatan tersebut.

Dilansir dari Reuters, Jumat (11/11/2022), gempa berada pada kedalaman 24,8 km (15,4 mil) yang melanda laut di sekitar 211 km (131 mil) timur tenggara Neiafu.

Pemerintah Tonga pun meminta warganya pindah ke pedalaman pada Sabtu (12/11/2022) pagi, meski peringatan tsunami telah dicabut.

"Berdasarkan semua data yang tersedia, ancaman tsunami dari Gempa ini sekarang telah berlalu," kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS.

Badan Manajemen Darurat Nasional Tonga juga menyampaikan, tidak ada ancaman tsunami ke Selandia Baru, tetapi layanan meteorologi Tonga memperingatkan penduduk tetap tinggal di pedalaman dan di dataran tinggi.

Baca juga: Gempa Terkini Magnitudo 5.0 Guncang Mukomuko Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Terkait gempa Tonga yang sempat memicu peringatan tsunami, apa dampaknya ke Indonesia?

Penjelasan BMKG

Kepala Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa-bumi' title=' gempa bumi'> gempa bumi di Tonga tidak berdampak pada wilayah Indonesia.

Menurut dia, gempa-bumi' title=' gempa bumi'> gempa bumi Tonga juga tidak menimbulkan perubahan muka air laut.

"Hingga saat ini, berdasarkan hasil pemodelan tsunami dan analisis yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa-bumi' title=' gempa bumi'> gempa bumi tersebut tidak menimbulkan perubahan muka air laut dan tidak berdampak pada wilayah Indonesia," ujar Daryono, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

 
Hal ini juga didukung dari Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) yang menginformasikan bahwa gempa Tonga tidak menimbulkan perubahan muka air laut di sekitar pusat gempabumi.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang.

Baca juga: Gempa Terkini Magnitudo 2,7 Guncang Ambon, Berikut Penjelasan BMKG

Daryono menambahkan, pihaknya akan terus memantau dan melakukan update informasi gempabumi di Tonga jika ada data yang signifikan dan berdampak ke Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved