Breaking News:

Berita Pidie

Siswa SMA dan SMK di Pidie dan Pidie Jaya Ikut Try Out Akbar, Target Bisa Lulus ke PTN Jalur UTBK

semua dokumen prestasi tersebut menjadi pertimbangan PTN dalam melakukan penilaian sehingga seseorang dapat di terima dalam jalur ini.

Penulis: Nur Nihayati | Editor: Nur Nihayati
Dok Cabdin
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Pidie dan Pijay Razali, S.Pd, M.Pd saat memantau pelaksanaan Try Out di salah satu sekolah, Sabtu (12/11/2022). 

semua dokumen prestasi tersebut menjadi pertimbangan PTN dalam melakukan penilaian sehingga seseorang dapat di terima dalam jalur ini.

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk PTN dengan jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2023, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya'> Pidie Jaya (Pijay) menyelenggarakan Try out Akbar yang secara serentak.

Kegiatan yang diikuti oleh 4.000 lebih siswa SMA dan SMK, berlangsung selama satu hari (12/11/2022), kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Pidie dan Pijay Razali, S.Pd, M.Pd, melalui zoom.

Dilanjutkan Razali, S.Pd, M.Pd bahwa pada tahun 2023 yang akan datang ada tiga jalur siswa masuk ke perguruan tinggi Negeri.

Pertama jalur Prestasi dimana dalam jalur ini siswa yang memiliki ranking di kelasnya ditambah dengan prestasi siswa tersebut selama belajar di satuan pendidikan, semua dokumen prestasi tersebut menjadi pertimbangan PTN dalam melakukan penilaian sehingga seseorang dapat di terima dalam jalur ini.

Baca juga: Ini Jadwal Kapal Cepat Rute Banda Aceh-Sabang dan Sebaliknya, Minggu 13 November 2022

Lanjutnya yang kedua jalur tes, untuk tahun 2023 materi tes masuk PTN lebih di titik beratkan pada materi LINUM (Literasi dan Numerasi).

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya lebih kepada tes bidang studi seperti Fisika, Kimia dan Biologi untuk pilihan Saintek dan Geografi, ekonomi bagi yang memilih SOSHUM.

Dia mengingatkan, Karena adanya perubahan materi tes untuk masuk PTN, maka try out kali juga menyesuaikan dengan hal tersebut.

Ditambahkan Razali, kegiatan ini dilaksanakan agar siswa lebih familiar dengan tes yang sesungguhnya yang akan di hadapi siswa nantinya.

Yang terakhir jalur Mandiri yg otoritas penerimaan mahasiswa menjadi kewenangan PTN yang bersangkutan.

Razali berharap kegiatan ini menjadi langkah awal yang dilaksanakan Cabdin Pidie dan Pijay dalam ikhtiar bersama mengantar peserta didik utk bisa masuk ke PTN bergengsi baik dalam daerah maupun luar daerah seperti UI, ITB, UGM dan lain nya.(*)

Baca juga: TMMD Ke-115, Kodim 0102 Pidie Wujudkan Asa Petani Tiro, Tak Perlu Lagi Bertarung Angkut Hasil Panen

Baca juga: Vaksinasi Harian Polda Aceh dan Jajaran Capai 4.788 Orang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved