Breaking News:

Berita Aceh Tengah

DPRK Aceh Tengah Belum Bahas Calon Pj Bupati, Usulan Paling Lambat 18 November 2022

Masa jabatan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar akan berakhir 27 Desember 2022

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Anggota DPRK Aceh Tengah, menggelar rapat dengar pendapat 

TAKENGON - Masa jabatan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar akan berakhir 27 Desember 2022.

Namun, sampai saat ini, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten ( DPRK) Aceh Tengah belum membahas tiga nama calon Penjabat (Pj) Bupati, Diketahui, sebanyak 15 anggota DPRK Aceh Tengah meminta pimpinan lembaganya agar segera mengadakan persidangan paripurna untuk menentukan siapa saja calon Pj Bupati Aceh Tengah yang diusulkan ke Mendagri.

Hal itu disampaikan Ilhamuddin, perwakilan dari 15 Anggota DPRK Aceh Tengah, Jumat (11/11/2022) mengatakan surat Mendagri sudah sampai kepada lembaga eksekutif itu, isinya menyampaikan usulan calon Penjabat Bupati paling lambat tanggal 18 November 2022.

“Mengingat waktu yang sudah mendesak, dimana dalam surat Kemendagri disebutkan paling lambat tanggal 18 ini sudah diusulkan calon Pj, maka kami meminta pimpinan DPRK untuk segera menggelar sidang paripurna,” kata Ilhamuddin.

Permintaan ke 15 anggota dewan ini harus segera diakomodir pimpinan agar tiga Pj Bupati Aceh Tengah seger diusulkan kepada Mendagri dan Gubernur Aceh.

“Kami tidak inginkan tanpa melalui sidang paripurna resmi lantas dikirim nama calon Pj ke Mendagri, kami harapkan siapapun nantinya namanya yang dikirim ke Mendagri merupakan hasil keputusan lembaga.

Agar lembaga ini punya marwah dan bermartabat dengan keputusanya,” tambah Ilham Kemendagri telah mengirimkan surat yang ditujukan kepada ketua DPRK Aceh Tengah, dengan nomor surat 131.11/7194/SJ tertanggal 31 Oktober 2022.

Dalam surat tersebut dijelaskan, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah akan berahir pada 27 Desember 2022.

Pada poin kedua dalam surat yang ditanda tangani Sekjen Menteri Dalam Negeri, Dr.H.Suhajar Diantoro, M.Si dituliskan, berkenaan dengan berahirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati, DPRK Aceh Tengah melalui ketua DPRK dapat menyampaikan usulan tiga nama calon Penjabat.

Ketiga nama calon Penjabat yang diusulkan itu turut dilampirkan daftar riwayat hidup masing masing calon, yang selanjutnya menjadi bahan pertimbangan bagi Mendagri untuk menetapkan Penjabat Bupati Aceh Tengah.

Baca juga: Pj Bupati Klaim Venue PORA Pidie Siap 30 November 2022, Ketua PB PORA: 2 Kabupaten belum Mendaftar

Baca juga: Pj Bupati Nagan Raya Temui Wakil Menag, Minta Bantu Kelanjutan Pembangunan Masjid Giok

Ilham menambahkan, karena waktu penyampaian kepada Kemendagri paling lambat tanggal 18 November 2022, hanya kurang lebih waktu sepekan untuk membahas Pj.

“Usulan itu juga nantinya kan akan disampaikan ke Gubernur Aceh, minimal waktunya semakin sempit.

Agar menjadi keputusan lembaga dalam menentukan siapa calon Pj yang disampaikan, untuk itu kami minta pimpinan dewan segera menggelar sidang paripurna,” jelasnya Terkait muncul sejumlah nama Pj Bupati, Ilham berharap agar nanti dibahas dalam sidang paripurna dan kemudian diusulkan menjadi tiga nama untuk disampaikan ke Mendagri.

“Kami ingin yang terbaik untuk negeri ini, oleh karena itu siapapun nantinya yang akan diusulkan lembaga DPRK, itu sudah merupakan keputusan bersama yang disahkan melalui sidang paripurna,” pinta Ilham. (rd)

Baca juga: Pj Bupati Lapor Kesiapan Pelaksanaan PORA ke XIV

Baca juga: Banjir Rendam Woyla Barat, Pj Bupati Upayakan Normalisasi Krueng Woyla Sepanjang 1,5 Km 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved