Breaking News:

Pangkalan Militer AS Diserang Rudal, Ketegangan di Perbatasan Turki-Suriah Meningkat

Militer AS melaporkan serangan rudal di pangkalan patrolinya di perbatasan Suriah dan Turki.

Editor: Amirullah
Delil SOULEIMAN/AFP
Sebuah gambar menunjukkan pemandangan tank setengah terkubur di alun-alun "Free Woman" di kota Kurdi, Suriah, juga dikenal sebagai Ayn al-Arab, di utara gubernur Aleppo pada 20 November 2022. Turki mengumumkan telah melakukan serangan udara terhadap pangkalan militan Kurdi yang dilarang di seluruh Suriah utara dan Irak, yang disebut digunakan untuk melancarkan serangan "teroris" di tanah Turki. 

Penulis: Yunita Rahmayanti

SERAMBINEWS.COM - Ketegangan di peratasan Turki dan Suriah meningkat usai pangkalan militer AS diserang rudal.

Serangan tersebut terjadi pada Jumat (25/11/2022) malam sekira pukul 22.31 waktu setempat.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan serangan itu menargetkan pasukan koalisi AS di markasnya di al-Shaddadi di Suriah.

“Serangan itu tidak mengakibatkan cedera atau kerusakan pada basis properti koalisi,” bunyi keterangan Komando Pusat AS.

Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang menjadi sekutu AS melawan ISIS, mengunjungi lokasi asal serangan dan menemukan roket ketiga yang tidak ditembakkan.

“Serangan semacam ini menempatkan pasukan koalisi dan penduduk sipil dalam risiko dan merusak stabilitas dan keamanan Suriah dan kawasan yang diperoleh dengan susah payah,” kata Juru Bicara CENTCOM Kolonel Joe Buccino, seperti diberitakan Al Jazeera.

"Tindakan ini mengancam tujuan bersama kami, termasuk perjuangan berkelanjutan melawan ISIS untuk memastikan kelompok tersebut tidak pernah dapat bangkit kembali dan mengancam wilayah tersebut," lanjut Kolonel Buccino.

Serangan itu terjadi ketika ketegangan meningkat di perbatasan Suriah- Turki setelah militer Turki melancarkan serangan udara terhadap pasukan Kurdi di Suriah dan Irak sebagai pembalasan atas pemboman di Istanbul pada 13 November 2022.

Turki menyalahkan Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang (PKK) dan pasukan Kurdi YPG atas serangan itu, meski mereka menyangkal keterlibatan apa pun, dikutip dari Jerusalem Post.

Sebuah gambar menunjukkan pemandangan tank setengah terkubur di alun-alun
Sebuah gambar menunjukkan pemandangan tank setengah terkubur di alun-alun "Free Woman" di kota Kurdi, Suriah, juga dikenal sebagai Ayn al-Arab, di utara gubernur Aleppo pada 20 November 2022. Turki mengumumkan telah melakukan serangan udara terhadap pangkalan militan Kurdi yang dilarang di seluruh Suriah utara dan Irak, yang disebut digunakan untuk melancarkan serangan "teroris" di tanah Turki. (Delil SOULEIMAN/AFP)

Alasan Militer AS Berada di Suriah

Militer AS yang memiliki pangkalan di Suriah menghadapi risiko besar.

Mereka mengemban misi untuk mengalahkan ISIS dengan bantuan Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

SDF didominasi oleh pasukan Kurdi YPG di Suriah, kelompok militan yang menjadi musuh Turki.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved