Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Kemilau Seni Aceh Tamiang 2022 Berakhir, SMA 4 Kejuruan Muda Juara

Kemilau Seni Aceh Tamiang yang berlangsung selama dua hari berhasil menggairahkan kembali warisan seni dan budaya melayu

Editor: bakri
SERAMBI/RAHMAD WIGUNA
Salah satu sanggar tari di Aceh Tamiang menampilkan tarian khas melayu pada malam penutupan Kemilau Seni Aceh Tamiang 2022 di Tamiang Sport Center, Rabu (30/11/2022) malam. 

KUALASIMPANG - Kemilau Seni Aceh Tamiang yang berlangsung selama dua hari berhasil menggairahkan kembali warisan seni dan budaya melayu di kalangan generasi muda.

Untuk menjaga semangat ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Aceh pun memberikan apresiasi kepada sanggar tari dan tokoh kebudayaan di Aceh Tamiang.

Apresiasi terhadap pelaku seni dan budaya lintas generasi ini diberikan pada malam penutupan Kemilau Seni Aceh Tamiang, Rabu (30/11/2022) malam.

Acara yang dihadiri seratusan pegiat seni dan budaya ini ditutup secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Tamiang, Bakhtiar.

“Malam ini kita telah membuktikan kalau kebudayaan dan ke senian melayu masih terjaga, masih menjadi warisan yang sangat baik,” kata Bakhtiar.

Meski begitu, dia sepakat mengatakan kalau untuk merawat kelestarian seni dan budaya ini membutuhkan kerja keras dan dukungan semua pihak.

Dia menegaskan budaya merupakan aset berharga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan merupakan jati diri bangsa.

“Pelestarian kebudayaan Indonesia merupakan tanggung jawab bersama.

Selain itu, kebudayaan juga memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa.

Keberagaman kebudayaan yang ada di daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan kebudayaan nasional indonesia,” urai Bakhtiar.

Langkah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Aceh meluncurkan program Kemilau Seni Aceh Tamiang dinilainya sebagai salah satu langkah paling tepat untuk menjaga dan merawat ke senian melayu.

Terlebih, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari anggota DPRA Syamsuri.

Baca juga: Kemilau Seni Aceh Tamiang Padukan Tradisional dan Modern

Baca juga: Malam Ini Kemilau Seni Tamiang Dibuka, Libatkan Ratusan Pelajar

“Jangan sampai budaya dan seni kita menjadi asing di tanah sendiri, kegiatan ini cara paling ampuh memperkenalkan kembali tentang bagaimana sebenarnya melayu itu,” ungkapnya.

Apresiasi yang diberikan pada Kemilau Seni Aceh Tamiang dibagi dalam dua kategori.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved