Breaking News:

Berita Banda Aceh

Aceh Peringkat Ke-7 Inflasi Terendah Secara Nasional

"Secara month-to-month (MtM) Aceh menduduki peringkat ke-7 dengan inflasi terendah dari 34 provinsi di Indonesia," kata Achris.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nurul Hayati
Dok Kompas.com
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh yang baru, Achris Sarwani 

"Secara month-to-month (MtM) Aceh menduduki peringkat ke-7 dengan inflasi terendah dari 34 provinsi di Indonesia," kata Achris. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Aceh menempati peringkat ke-7 sebagai provinsi dengan inflasi terendah secara nasional dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. 

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Achris Sarwani, Jumat (2/12/2022).

Achris menjelaskan, informasi perkembangan inflasi tersebut merupakan data terbaru bulan November 2022.

"Secara month-to-month (MtM) Aceh menduduki peringkat ke-7 dengan inflasi terendah dari 34 provinsi di Indonesia," kata Achris. 

Selain itu, Aceh juga menduduki peringkat ke-12 inflasi terendah secara Year On Year atau YoY.

Dari tiga kota penghitungan indeks harga konsumen di Aceh, Kota Banda Aceh disebut mengalami inflasi MtM, sedangkan Kota Lhokseumawe dan Kota Meulaboh mengalami deflasi.

Adapun rincian data ke tiga  kota tersebut yakni, Banda Aceh, secara Bulanan: 0,11 persen MtM, secara Tahun Kalender: 5,32 % YtY,  dan secara Tahunan:  6,11 % YtY. 

Baca juga: Sukses Kendalikan Inflasi, Pemkab Pidie Jaya Dapat Penghargaan dari BI Perwakilan Aceh

Sedangkan Lhokseumawe secara Bulanan: -0,36 % MtM, Tahun Kalender: 3,81 % YtD, Tahunan: 4,42 % YoY. Sementara Meulaboh secara Bulanan: -0,62 % MtM, Tahun Kalender: 5,53 % YtD,Tahunan: 6,38 % YoY.

Penurunan inflasi ini disebut tidak terlepas dari koordinasi intensif antar instansi terkait, sebagai mana arahan Pj. Gubernur Aceh selama ini. 

Terutama koordinasi antara seluruh anggota TPID maupun TPIA serta stakholder lainnya.

Lebih lanjut, Achris juga menyebutkan,  deflasi Aceh pada November 2022 melanjutkan tren penurunan harga dari bulan sebelumnya yang juga mengalami deflasi -0,25 % (mtm) pada Oktober 2022. 

Hal itupun selaras dengan hasil Survei Pemantauan Harga (SPH) KPwBI Aceh yang mencatat deflasi -0,07 % (mtm) pada November 2022. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved