Breaking News:

Berita Aceh Timur

Pj Bupati Aceh Timur Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Kepada Warga

Program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang merupakan pembaruan dari kegiatan prona yang dirasa belum maksimal.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin, MSi, didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur, M Taufik, menyerahkan sertifikat tanah gratis secara simbolis kepada masyarakat, di Aula Dinas Pendidikan Dayah setempat, Senin (5/12/2022). 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin, MSi menyerahkan sertifikat tanah gratis secara simbolis kepada masyarakat, di Aula Dinas Pendidikan Dayah setempat, Senin (5/12/2022).   

Pj Bupati mengatakan sesuai dengan UU Pokok Agraria, pendaftaran tanah adalah kewajiban pemerintah dan pemegang hak. 

Kegiatan pendaftaran tanah menurut Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 yakni pertama kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali dan yang kedua kegiatan pemeliharaan data pendaftaran tanah.

Dalam mempercepat proses pendaftaran tanah di Indonesia, kata Pj Bupati, pemerintah telah menggalakkan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang merupakan pembaruan dari kegiatan prona yang dirasa belum maksimal. PTSL sendiri telah dilaksanakan mulai tahun 2017. 

Pemerintah melalui Program PTSL menargetkan tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia telah terpetakan dan terdaftar.

Melalui Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2018, kata Pj Bupati Aceh Timur, percepatan program PTSL ini telah bergulir selama 6 tahun. 

Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur sendiri sebagai perpanjangan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, telah dibebankan kewajiban mensertipikatkan tanah masyarakat secara massal, hingga tahun 2021 telah menerbitkan sertipikat tanah sebanyak 24.360 sertipikat.

“Tahun 2022 ini, Kantor Pertanahan Aceh Timur telah menyelesaikan target 8000 bidang sertipikat tanah dan menerbitkan pemetaan sebanyak 34.306 bidang. Lokasi program PTSL sendiri telah tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Aceh Timur. Dengan memprioritaskan pada lokasi prioritas sesuai dengan program Bappenas,” ujar Pj Bupati Aceh Timur.

Sebelumnya, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur, M Taufik, SSi, MM mengatakan, pihaknya telah melaksanakan reforma agraria, melalui program redistribusi tanah. 

Tujuannya adalah memperbaiki kondisi sosial-ekonomi rakyat dengan cara membagikan lahan secara adil dan merata kepada warga Negara.

"Progam sertipikasi tanah ini telah dirasakan manfaatnya, mulai dari kepastian hukum atas tanah, akses permodalan yang mudah hingga program pemberdayaan masyarakat yang menyertainya, seperti program PSR, food estate hingga gampong reforma agraria sebagai desa percontohan," ujar Taufik.(*)

Baca juga: Pejabat BPN Pakai Cairan Pemutih dan Cotton Bud untuk Ganti Data Sertifikat Tanah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved