Breaking News:

Internasional

Iran Hukum Mati Lima Pembunuh Pasukan Basij, Tiga Anak Bersama Belasan Lainnya Dihukum Penjara

Iran menjatuhkan hukuman mati lima orang atas pembunuhan seorang anggota pasukan paramiliter Basij selama demonstrasi nasional.

Editor: M Nur Pakar
AFP
Pasukan Garuda Revolusi mengikuti parade militer tahunan menandai peringatan pecahnya perang 1980-1988 yang menghancurkan Presiden Irak Saddam Hussein, di ibukota Teheran, Kamis (22/9/2022). 

SERAMBINEWS.COM, TEHERAN - Iran menjatuhkan hukuman mati lima orang atas pembunuhan seorang anggota pasukan paramiliter Basij selama demonstrasi nasional.

Pengadilan Iran pada Selasa (6/12/2022) melaporkan 11 orang lainnya, termasuk tiga anak, dijatuhi hukuman penjara yang lama.

Mereka dituduh terlibat atas kematian Ruhollah Ajamian, kata juru bicara kehakiman Massoud Setayeshi dalam jumpa pers.

Dia menambahkan hukuman itu dapat diajukan banding.

Sekelompok 15 orang telah didakwa dengan "korupsi di bumi" atas kematian Ajamian pada 3 November di Karaj, sebuah kota di barat Teheran, situs web pengadilan Mizan Online melaporkan pekan lalu.

Jaksa mengatakan Ajamian (27) ditelanjangi dan dibunuh oleh sekelompok pelayat yang memberikan penghormatan kepada seorang pengunjuk rasa yang terbunuh, Hadis Najafi.

Baca juga: Pemuda Iran Berusia 27 Tahun Dihukum Mati, Dipaksa Berpura-Pura Dieksekusi di Dalam Penjara

Insiden terjadi selama upacara yang menandai 40 hari kematiannya.

Najafi tewas dalam kerusuhan yang mencengkeram Iran sejak kematian dalam tahanan Mahsa Amini.

Awalnya, pada 12 November, Mizan Online mengumumkan dakwaan untuk 11 orang atas pembunuhan Ajamian, termasuk seorang wanita.

Tetapi saat persidangan dibuka, dikatakan 15 terdakwa dalam kasus tersebut telah didakwa.

Seorang jenderal Iran mengatakan lebih dari 300 orang tewas dalam kerusuhan itu, termasuk puluhan anggota pasukan keamanan.

Ratusan orang telah terbunuh dan ribuan telah ditangkap, termasuk 40 orang asing dan aktor terkemuka, jurnalis dan pengacara.

Baca juga: Seruan Mogok Meluas di Iran, Pertokoan Tutup dan Pekerja Mogok Nasional, Tuntut Penguasa Runtuth

Putusan pengadilan terbaru menambah jumlah orang yang dijatuhi hukuman mati di Iran menjadi 11 orang atas kekerasan yang dipicu oleh kematian Amini.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved