Breaking News:

Berita Aceh Barat

BKPSDM Aceh Barat Sosialisasi Kedisiplinan PNS, Tahun 2023, akan Diterapkan E-Absensi dan E-Kinerja

Sosialisasi kepada para sekretaris, para kasubbag umum dari semua SKPK dan para kepala Puskesmas ini guna mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang b

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Mursal Ismail
Dokumen Kominsa Aceh Barat
Para PNS mengikuti sosialisasi PP Nomor 94 tahun 2021 tentang kedisiplinan PNS di Aula Dinas Pendidikan Aceh Barat, Rabu (7/12/2022) 

Sosialisasi kepada para sekretaris, para kasubbag umum dari semua SKPK dan para kepala Puskesmas ini guna mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berintegritas moral, profesional, dan akuntabel di Aceh Barat.

Laporan Sa'dul Bahri Aceh Barat

SERAMBI NEW.COM, MEULABOH – Pemkab Aceh Barat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM, menyosialisasikan tentang peraturan pemerintah (PP) Nomor 94 tahun 2021 tentang Kedisiplinan PNS. 

Sosialisasi kepada para sekretaris, para kasubbag umum dari semua SKPK dan para kepala Puskesmas ini guna mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berintegritas moral, profesional, dan akuntabel di Aceh Barat.

Sekda Aceh Barat, Marhaban SE, menyampaikan hal ini saat pembukaan sosialisasi PP Nomor 94 tahun 2021 tentang Kediplinan PNS di Aula Dinas Pendidikan Aceh Barat, Meulaboh, Rabu (7/12/2022). 

“Sosialisasi PP Nomor 94 tahun 2021 sebagai salah satu langkah dalam rangka meningkatkan kedisiplinan para pegawai di daerah tersebut dan mewujudkan PNS yang berintegritas moral, profesional, dan akuntabel,” kata Marhaban.

Ia menambahkan, kedisiplinan kerja adalah langkah awal untuk menghasilkan sebuah kinerja nyata yang berdampak positif bagi tata kelola organisasi pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Penegakan disiplin dapat mendorong PNS untuk menunjukkan kinerja yang lebih produktif.

Baca juga: Seleksi CPNS 2021 - Ini Rincian Gaji dan Tunjangan Kinerja PNS Kemenkumham

“Untuk mendukung optimalisasi jalannya roda Pemerintahan Aceh Barat ke depan, penerapan kedisiplinan harus menjadi semangat bersama, sebagai salah satu modal penting yang menentukan keberhasilan terhadap berbagai realisasi program kerja dan kegiatan,” jelasnya.

Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 ini, adalah upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan, ketatalaksanaan, dan SDM aparatur.

"Peraturan ini sejatinya menjadi pedoman bagi seluruh PNS, agar dapat memahami kewajiban, larangan, dan hukuman disiplin yang dapat dijatuhkan kepada PNS, jika terbukti melakukan pelanggaran," rinci Marhaban.

Ia berharap, sosialisasi ini dapat mendorong peningkatan profesionalisme SDM aparatur pemerintah, khususnya dalam memenuhi tuntutan masyarakat terhadap kinerja dan pelayanan optimal yang sejalan dengan semangat reformasi birokrasi.

Sementara itu, Plt Kepala BKPSDM Aceh Barat, Amril Nuthihar, menjelaskan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan tersebut berlangsung selama 1 hari dengan pemateri dari Provinsi Aceh, yaitu Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian Aceh, Teuku Roni Yuliadi SH.

Menurutnya, sosialisasi tentang kedisiplinan ini sangat penting bagi PNS, mengingat pada tahun 2023, Pemkab Aceh Barat akan menerapkan E-absensi (Presensi Online) dan E-Kinerja di lingkungan pemerintah setempat. (*)

Baca juga: Sri Mulyani Minta Pemerintah Daerah Pangkas Tunjangan Kinerja PNS

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved