Breaking News:

Berita Banda Aceh

Pelaku UMKM Diharapkan Tingkatkan Daya Saing

Cut Rezky Handayani SIP MM, mengharapkan ada program keberlanjutan terkait pelatihan bordir bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah

Editor: bakri
FOTO/ Dok. Dekranasda Aceh Besar
Pj Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, SIP, MM bersama Anggota DPRK Aceh Besar Muhibuddin Ibr SE dan Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar, Ir, Darmansyah, ST, MSi melihat hasil bordir peserta pelatihan bordir bagi kelompok UMKM di Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Senin (26/12/2022) sore. 

JANTHO - Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Besar, Cut Rezky Handayani SIP MM, mengharapkan ada program keberlanjutan terkait pelatihan bordir bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) Aceh Besar.

“Kita harapkan agar program pelatihan ini tidak cukup sebatas pelatihan saja, namun harus ada program tindak lanjutnya, agar ilmu yang didapatkan dari pelatihan bordir ini dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM Aceh Besar serta mampu meningkatkan ekonomi bagi peserta pelatihan,” kata Cut Rezky saat penutupan pelatihan bordir bagi kelompok UMKM, di Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Senin (26/12/2022) sore.

Dikatakan, pelatihan tersebut diikuti 51 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Aceh Besar, dengan harapan pelatihan tersebut dapat meningkatkan daya saing UMKM Aceh Besar ditingkat nasional.

“Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan daya saing produk UMKM kita, Aceh Besar memiliki potensi besar dibidang bordir, jadi sayang sekali jika tidak mampu menembus pasar nasional, mudah-mudahan melalui pelatihan ini produk UMKM bordir dapat menembus pasar nasional dan internasional,” ungkapnya.

Menurutnya, Dekranasda dan Pemerintah Aceh Besar melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar akan membantu mempromosikan produk bordir yang dimiliki oleh pelaku UMKM Aceh Besar baik secara online dan offline.

“Tentu saja kita akan membantu memasarkan produk masyarakat ini baik secara online melalui media sosial ataupun offline melalui pameran-pameran baik dalam skala lokal, nasional dan internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar, Ir Darmasnyah ST MSi, mengatakan, ini langkah besar Pemkab Aceh Besar mendorong keberlanjutan pelaku UMKM Aceh Besar dalam menghadapi era 4.

0 dimana produk UMKM harus memiliki inovasi agar diminati oleh banyak pihak.

“Alhamdulillah, dari hasil pelatihan ada beberapa motif baru yang dihasilkan, yaitu perpaduan bordir dan songket, ini menjadi modal utama bagi pelaku bordir Aceh Besar untuk menembus pasar nasional,” tuturnya.

Menyikapi persaingan perdagangan, Darmansyah berharap pelaku UMKM di Aceh Besar tidak hanya terpaku pada satu produk saja, melainkan harus ada berbagai inovasi produk yang kemudian menjadi kunci utama dalam menembus pasar global, termasuk dalam sisi pemasaran, ia meminta pelaku UMKM tidak hanya memasarkan produknya di pasar lokal saja, namun harus berani berinovasi dengan memanfaatkan beberapa tekhnologi yang ada.

“Saat ini era digital sudah menjamah masyarakat, tidak hanya anak muda, orang tua juga sudah mulai trend dengan gadget, ini menjadi satu peluang yang harus dimanfaatkan untuk memasarkan produk, karena medsos hari ini menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, hampir seluruh masyarakat main medsos, ini peluang besar,” terangnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar dari Partai Golkar, Muhibbudin Ibrahim SE atau yang akrab disapa Ucok Sibreh, menyebut pelaku UMKM Aceh Besar harus jeli melihat peluang bisnis di era digital ini, banyak pelaku UMKM yang menjadi sukses akibat mengikuti perkembangan zaman.

“Ini zaman digital, jadi manfaatkan lah medsos sebagai tempat pemasaran, era digital ini menuntut semua masyarakat memahami celah menembus pasar nasional melalui promosi medsos,” ujar Ucok Sibreh.

(i)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved