Breaking News:

Berita Aceh Barat

KIP Aceh Barat Lantik 963 Anggota Panitia Pemungutan Suara

KIP Kabupaten Aceh Barat, Rabu (25/1/2023) melantik sebanyak 963 orang anggota PPS untuk kesiapan pelaksanaan pemilu 2024 mendatang

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Muhammad Hadi
Foto/dok Kominsa Aceh Barat
Para anggota PPS saat dilantik oleh Ketua KIP Aceh Barat T Novian Nukman, Rabu (25/1/2023) di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh. 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat, Rabu (25/1/2023) melantik sebanyak 963 orang anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS) untuk kesiapan pelaksanaan pemilu 2024 mendatang, yang berlangsung di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh.

Pelantikan dan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Ketua KIP Aceh Barat T Novian Nukman, yang disaksikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Barat, Mirsal yang mewakili Pj Bupati, Drs Mahdi Efendi.

Para anggota PPS yang telah dilantik tersebut akan di tempatkan di 321 Gampong se-Aceh Barat, dengan penempatan 3 orang anggota PPS di masing-masing gampong.

“Anggota PPS merupakan instrumen yang memegang peran strategis dalam menyukseskan agenda penyelenggaraan pemilu Tahun 2024.

Sehingga PPS mempunyai tugas penting, salah satunya adalah mengumpulkan hasil perhitungan suara dan melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat gampong,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Barat, Mirsal.

Baca juga: Hasil Tes PPS Diumumkan, Ratusan Netizen Protes, Ini Tanggapan KIP Pidie

Dikatakannya, bahwa tantangan kerja PPS saat ini berbeda dengan PPS pada pemilu sebelumnya, karena PPS tidak hanya menyelenggarakan satu pemilihan saja.

Namun terdapat beberapa pemilihan, yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRA dan DPRK pada tanggal 14 Februari 2024 serta pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, serta Bupati/Walikota pada tanggal 27 November 2024.

“Anggota PPS yang telah dilantik ini harus memiliki kemampuan untuk bekerja keras, kerja cerdas dan kerja sama yang baik dengan seluruh unsur terkait penyelenggaraan pemilu,” harap Mirsal.

Disebutkan, bahwa setiap anggota PPS harus mampu memahami dengan baik seluruh aturan maupun regulasi yang berkaitan dengan rangkaian tahapan pemilu.

Sehingga berbagai tugas yang menjadi tanggung jawab dapat terlaksana secara optimal.

Anggota PPS juga diharapkan dapat segera melakukan koordinasi dengan keuchik demi kelancaran tugas, melakukan silaturahmi dan berkoordinasi terkait fasilitas maupun sekretariat yang dapat dipergunakan dalam pelaksanaan tugas PPS di masing-masing gampong.

Baca juga: 456 Anggota PPS Dilantik, Pj Bupati Abdya Minta Jaga Integritas Sebagai Penyelenggara Pemilu

Mirsal berharap seluruh anggota PPS yang telah dilantik ini dapat menjalankan tugas, amanah dan tanggung jawab sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta berkomitmen kuat untuk memberikan kontribusi terbaik dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang tandasnya.

Pelantikan anggota PPS Kabupaten Aceh Barat yang diselenggarakan oleh KIP Aceh Barat juga disaksikan oleh jajaran Forkopimda Aceh Barat, para Kepala SKPK terkait, Perwakilan Panwaslih Aceh Barat, serta anggota Komisioner KIP Aceh Barat.

“Kita mengapresiasi Ketua KIP Aceh Barat dan seluruh jajaran KIP yang telah merampungkan rekrutmen anggota PPS melalui proses seleksi, mekanisme dan tahapan yang baik guna menjamin kesuksesan pelaksanaan Pemilu pada Tahun 2024 mendatang.(sb)

Baca juga: Haji Uma Kecam Pelaku Pembakaran Alquran, Minta Pemerintah Indonesia Panggil Dubes Swedia

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved