Jumat, 26 Desember 2014
Serambi Indonesia

1 Kamar Rutan Idi Rayeuk Dihuni 14 Orang

Kamis, 8 November 2012 11:10 WIB

* Mushala Jadi Tempat Tidur Tahanan

IDI - Kepala Rutan Idi Rayeuk, Amiruddin SH, mengungkapkan perlunya penambahan jumlah kamar/ruangan di Rumah Tahanan (Rutan) Idi Rayeuk, Aceh Timur. Saat ini, jumlah ruangan tersedia sebanyak 17 kamar dan dinilai masih sangat minim, mengingat jumlah tahanan yang mencapai 295 orang.

“Sebenarnya kapasitas kamar atau ruangan tidak mencukupi. Bayangkan saja, saat ini kita terpaksa menempatkan 13-14 orang dalam satu ruangan. Padahal yang layak kan 8 atau 9 orang. Untuk tahanan wanita juga demikian. Yang tersedia hanya dua kamar sementara jumlah tahanannya mencapai 17 orang,” sebut Amiruddin.

Mengatasi hal itu, pihaknya memindahkan sejumlah tahanan ke LP Langsa, Aceh Tamiang, serta Lhokseumawe. Pihaknya bahkan memakai ruang mushalla untuk tidur malam para tahanan. Ia menyarankan LP narkoba di Kota Langsa dapat difungsikan agar kelebihan para tahanan dapat dipindahkan.

Ia menilai perlunya perhatian berbagai pihak, terutama terkait dengan narkoba. Kepada Pemkab ia berharap agar sosialisasi antinarkoba mengingat 55 persen penghuni rutan tersangkut dengan masalah narkoba. “Sedangkan kepada Depkum HAM kita mengharapkan agar segera dapat dilakukan penambahan kamar,” ujarnya.(na)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas