Dirjen PAUDNI Kukuhkan Niazah AH Bunda PAUD Aceh

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (Paudni) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Dirjen PAUDNI Kukuhkan Niazah AH Bunda PAUD Aceh
SERAMBI/M NASIR YUSUF
Dirjen Paudni Kemendikbud, Prof Lydia Freyani Hawadi Psi (kanan) bersama Gubernur Zaini Abdullah dan Bunda PAUD Aceh, Ny Niazah AH Zaini (kiri) foto bersama anak usia dini usai acara penobatan Bunda PAUD Aceh di Anjong Monmata, Banda aceh, Rabu (7/11).
BANDA ACEH - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (Paudni) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Dr Lydia Freyani Hawadi PSi, Rabu (7/11), mengukuhkan Ny Niazah AH sebagai Bunda PAUD Aceh.

Dirjen mengharapkan dengan penobatan Bunda PAUD tersebut, perluasan layanan pendidikan anak usia dini ke depan bisa menjadi salah satu program prioritas pembangunan pendidikan di Tanah Rencong.

Di Aceh, katanya, dari 653.600 anak usia 0-6 tahun, yang terlayani baru mencapai 164.052 anak atau 25,10 persen dengan jumlah lembaga PAUD sebanyak 2.541. Sedangkan jumlah desa yang belum terlayani PAUD sebanyak 4.703 gampong dari 6.454 gampong yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Untuk mendukung perluasan PAUD di Aceh, Ditjen PAUDNI lewat APBN-P tahun 2012 akan mengalokasikan dana masing-masing Rp 300 juta untuk 7 kabupaten, Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Timur, Bener Meriah, Abdya, Gayo Lues, dan Simeulue.

Sedangkan pada tahun 2013 mendatang, Aceh akan mendapat alokasi untuk PAUD sebanyak Rp 16,5 miliar yang akan digunakan untuk bantuan rintisan PAUD baru masing-masing Rp 50 juta per lembaga dan alat permainan edukatif (APE) masing-masing Rp 8 juta  per lembaga.

Sementara itu, Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan Pemerintah Aceh siap memberikan dukungan bagi upaya percepatan perluasan PAUD di Aceh. “Kita siap untuk mendukung program perbaikan kualitas generasi Aceh ke depan,” katanya.

Hal senada juga dikemukakan Bunda PAUD Aceh, Niazah AH. Istri Gubernur Aceh itu mengaku pihaknya siap untuk mensuport keberhasilan PAUD di Aceh. “Kita dengan dukungan Pemerintah Aceh akan berusaha melakukan sosialisasi-sosialisasi ke berbagai daerah,” katanya. Pada kesempatan yang sama, Niazah juga melantik 23 Bunda PAUD kabupaten/kota se-Aceh di Anjong Monmata.(sir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved