SerambiIndonesia/

Pilkada 2017

Tarmizi 1 Irwandi 6

Sehari setelah penetapan pasangan calon (paslon) gubernur/wakil gubernur Aceh, Komisi Independen

Tarmizi 1 Irwandi 6
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh memperlihatkan nomor urut masing-masing dari urutan pertama, Tarmizi A Karim-Machsalmina Ali, Zakaria Saman-H T Alaidinsyah, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab, Zaini Abdullah-Nasaruddin, Muzakir Manaf-TA Khalid, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah pada acara rapat pleno penarikan nomor urut di Gedung DPRA, Banda Aceh, Selasa (25/10). SERAMBI/BUDI FATRIA 

BANDA ACEH - Sehari setelah penetapan pasangan calon (paslon) gubernur/wakil gubernur Aceh, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh langsung menggelar rapat pleno terbuka untuk penarikan nomor urut pasangan calon. Dari enam paslon yang mengikuti langsung prosesi tersebut, pasangan Tarmizi A Karim/Machsalmina Ali mendapatkan nomor 1 sedangkan Irwandi Yusuf/Nova Iriansyah nomor 6.

Rapat pleno terbuka itu berlangsung di ruang sidang utama gedung DPRA di Banda Aceh, Selasa (25/10) pagi. Amatan Serambi, rapat pleno terbuka penarikan nomor urut itu dihadiri langsung oleh para paslon yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Aceh pada Pilkada 2017. Selain paslon, rapat pleno itu turut dihadiri tim pemenangan paslon dan unsur Forkopimda Aceh.

Semua Komsioner KIP Aceh tiba di dalam ruang paripurna sekitar pukul 10.00 WIB, tujuh Komisioner KIP Aceh tampak mengenakan pakaian adat Aceh. Mereka juga diiringi tabuhan rapa-i dan alunan seurunee kale.

Sedangkan semua paslon memasuki ruang sidang lebih awal dan langsung mengambil tempat di kursi yang telah disediakan.

Paslon yang lebih dulu hadir dan duduk di dalam ruang sidang, memancing keriuhan tim pendukung yang memadati lantai dua ruang sidang paripurna tersebut.

Sorak-sorai dukungan mereka pekikkan, bahkan sejumlah tim pendukung ikut memboyong poster bergambarkan pasangan calon yang mereka jagokan.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi didampingi enam komisioner KIP Aceh lainnya, memimpin rapat pleno terbuka tersebut. “Sesuai dengan tahapan, hari ini kita akan melaksanakan penarikan nomor urut pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh,” katanya saat mengawali rapat pleno tersebut.

Paslon gubernur/wakil gubernur dari jalur perseorangan, Zakaria Saman-T Alaidinsyah menjadi pasangan pertama yang menarik nomor urut. Saat mantan menteri pertahanan GAM ini maju ke depan untuk menarik nomor urut bersama pasangannya, tiba-tiba saja suasana dalam ruang sidang pecah, keriuhan terjadi, tepuk tangan pun terdengar tiada henti.

Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab menjadi pasangan kedua yang menarik nomor urut, disusul Tarmizi Karim-Machsalmina Ali yang tampak mengenakan baju putih.

Zaini Abdullah-Nasaruddin menjadi pasangan keempat yang dipersilakan KIP untuk menarik nomor, disusul dua pasangan selanjutnya Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah dan Muzakir Manaf TA Khalid.

Keenam pasangan ini menarik nomor urut sesuai dengan nomor yang telah diundi sebelum penarikan. Dari hasil undian tersebut, pasangan calon Tarmizi Karim-Machsalmina Ali mendapat nomor urut 1, Zakaria Saman-T Alaidinsyah nomor urut 2, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab nomor urut 3, Zaini Abdullah-Nasaruddin nomor urut 4, Muzakkir Manaf-TA Khalid nomor urut 5, dan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah nomor urut 6.

Dengan ditetapkannya paslon gubernur/wakil gubernur Aceh berikut dengan nomor urut masing-masing paslon, maka terhitung sejak Selasa, 25 Oktober 2016 semua paslon akan mempublikasikan nomor urut mereka kepada masyarakat.

Nomor urut paslon itu juga akan dijadikan sebagai sarana tambahan, digunakan masing-masing paslon sebagai media kampanye dan alat peraga kampanye. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help