SerambiIndonesia/

Seniman Aceh dan Seniman Jakarta Memainkan "Gedumbang" dan Cello

"Gedumbang" yang dimainkan Yusuf Bombang, adalah alat musik perkusi yang dibikin sendiri oleh Bombang u tuk kebutuhan dirinya.

Seniman Aceh dan Seniman Jakarta Memainkan
IST
Bombang dan Jassin Burhan di ruang loby Teater Kecil TIM, Jakarta, Rabu (6/9/2017) malam. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEES.COM, JAKARTA - Dua seniman Indonesia, yang satu berasal dari Aceh dan satunya lagi dari Jakarta, menggelar pertunjukan kolaborasi spontan yang memikat di ruang loby Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, Rabu (6/9/2017) malam.

Kedua seniman itu adalah, Yusuf Bombang dari Banda Aceh, memainkan alat musik "gedumbang." Sementara seniman Jakarta, Jassin Burhan, memainkan alat musik cello.

Yusuf Bombang, yang sehari-hari mengelola warung kopi Taman Budaya Banda Aceh, hadir di Jakarta dalam rangka mengisi "Panggong Aceh," pentas seni Aceh yang khusus menampilkan musik rapa-i dan teater Ampon Yan.

Lalu dengan spontan mengajak Jassin Burhan mengisi ruang loby Teater Kecil TIM, pada saat jeda pertunjukan Rapa-i Tuha Lamreung.

(Baca: Tabuhan Rapa-i Tuha Lamreung di Bawah Pantulan Bulan Purnama Taman Ismail Marzuki Jakarta)

"Gedumbang" yang dimainkan Yusuf Bombang, adalah alat musik perkusi yang dibikin sendiri oleh Bombang u tuk kebutuhan dirinya. "Gedumbang" adalah singkatan dari "gendang Yusuf Bombang."

(Baca: Selama 3 Tahun, Seniman Mesir Buat Alquran Terbesar di Dunia)

Permainan Bombang dan Jassin Burhan menarik perhatian sejumlah pengunjung dan merekamnya melalui kamera telepon genggam. Sesekali Bombang juga bernyanyi dalam bahasa Aceh. Jassin Burhan, tampak sangat menikmati kolaborasi spontan itu.

Antara Bombang dan Jassin Burhan adalah sahabat lama yang beberapa kali terlibat dalam pentas bersama.

(Baca: Syech Abu Kahlidin, Seniman Tutur Aceh Jaya)

"Tapi malam ini kami sangat spesial, karena lama tak bertemu dan mentas bersama," kata Yusuf Bombang.

Pertunjukan Bombang dan Jassin Burhan baru berhenti, sesaat akan dilanjutkan pertunjukan Rapa'i Tuha babak kedua. Yusuf Bombang sendiri ikut tampil dalam pentas rapa'i itu, sebagai pembawa acara.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help