SerambiIndonesia/

Ghazali Desak Elite Aceh Sahkan RAPBA 2018

Senator Aceh Ghazali Abbas Adan mendesak elite Aceh (eksekutif dan legislatif) untuk segera membahas dan mengesahkan

Ghazali Desak Elite Aceh Sahkan RAPBA 2018
Ghazali Abbas Adan

BANDA ACEH - Senator Aceh Ghazali Abbas Adan mendesak elite Aceh (eksekutif dan legislatif) untuk segera membahas dan mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja (RAPBA) Aceh tahun 2018.

Desakan itu disampaikan mengingat hingga kini DPRA belum menjadwalkan pengesahan, sementara tahun 2017 tinggal beberapa hari lagi.

Wakil Ketua Komite IV DPD RI ini mengatakan, tidaklah sulit menetapkan anggaran tepat waktu. Sebab, pembahasan anggaran sudah ada mekanisme tersendiri yakni melalui sistem Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), di mana usulan program pembangunan telah dibuat mulai dari perangkat desa sampai ke tingkat nasional.

“Dengan mekanisme seperti ini, saat pembahasan anggaran tidak ada lagi yang dinamakan `penumpang gelap’. Sehingga (elite Aceh) tidak perlu berlama-lama bersilat lidah, tarik-menarik, atau mempertontonkan praktik politik anggaran dengan budaya transaksional saat menyusun dan memutuskan anggaran,” katanya kepada Serambi, Senin (25/12).

Sebab, lanjutnya, yang menjadi tujuan utama adalah melaksanakan pembangunan yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat sebagaimana menu-menu yang telah ditetapkan dalam Musrenbang. Dengan semangat seperti ini, kata Ghazali, maka elite Aceh tidaklah sulit membahas dan menetapkan APBA tepat waktu.

Menurutnya, pemerintah pusat selalu menegaskan bahwa konsep pembangunan di Indonesia harus mengikuti istilah ‘money follow programs’ (anggaran sesuai progam). Setiap program yang direncanakan, haruslah realitias yakni yang dibutuhkan dan memberi manfaat yang besar bagi rakyat sebagai mana doktrin Pasal 23 UUD Nomor 1 Tahun 1945.

“Saya yakin, apabila eksekutif dan legislitif mengikuti mekanisme seperti ini, maka tidaklah sulit menetapkan anggaran pembangunan tepat waktu, sehingga proses pembangunan akan berjalan sesuai agendanya. Menurut saya, tanpa perlu mengadakan penelitian sekalipun rakyat Aceh menghendaki agar APBA harus disahkan tepat waktu,” ujar dia.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help