Kupi Beungoh

Soal Makam Kuno di Belantara Aceh Besar, Boleh Jadi Pusara Pendiri Kesultanan Aceh Darusalam

Salah satu yang sangat menarik adalah tanggapan panjang lebar yang ditulis oleh warganet dengan nama akun Musadiq Moment.

Soal Makam Kuno di Belantara Aceh Besar, Boleh Jadi Pusara Pendiri Kesultanan Aceh Darusalam
IST
Munawar AR 

Oleh: Munawar AR

UCAPAN terimakasih kepada pembaca yang telah memberi respon dan masukan atas tulisan saya berjudul “Ziarah Makam di Belantara Aceh Besar, Diduga Pusara Pendiri Kota Banda Aceh, Begini Kondisinya’’, yang dimuat di rubrik Kupi Beungoh Serambinews.com, Sabtu 6 Januari 2018.

Saya sungguh tak menyangka ternyata tulisan saya ini mendapat respon dan tanggapan luas dari pembaca.

Hal ini terlihat dari hasil pencarian di laman Facebook, di mana tulisan tersebut telah lebih dari 1000 dibagikan oleh warganet.

Tautan tulisan di Facebook
Tautan tulisan di Facebook ()

Bagi saya, banyaknya respon terhadap tulisan ini menunjukkan bahwa masih sangat banyak warga Aceh yang peduli dengan indatunya.

Maka saya pun tertarik untuk menulis seri kedua tentang makam yang berada di atas perbukitan Lamsuseng, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar ini.

Perlu saya jelaskan bahwa saya bukanlah ahli sejarah sehingga dalam tulisan terdahulu saya hanya bisa menduga, berdasarkan keterangan warga tempatan.

Perlu juga saya jelaskan kembali bahwa ziarah makam itu kami lakukan bersama tim Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh yang diketuai oleh Dr. Mujiburrahman, MA, Dekan Fakutas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Di bawah komando beliau, lembaga ini telah bekerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, melakukan kegiatan advokasi kebijakan, seperti Anak Berhadapan dengan Hukum, Birth Registration, dan Restoratice Justice.

PKPM juga melakukan banyak penelitian, serta konsen di bidang kajian dan restorasi naskah kuno, salah satunya di perpustakaan Zawiyah Tanoh Abee, Kecamatan Seulimum, Kabupaten Aceh Besar.

Halaman
1234
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help