SerambiIndonesia/

Survei ARC: Elektabilitas Pasangan Sama Indra - Harmaini Capai 39,16 %

ACEH Research And Consulting (ARC), lembaga yang fokus melakukan survei politik di barat selatan Aceh

Survei ARC: Elektabilitas Pasangan Sama Indra - Harmaini Capai 39,16 %
IST
Logo Aceh Research And Consulting 

ACEH Research And Consulting (ARC), lembaga yang fokus melakukan survei politik di barat selatan Aceh, Senin (12/2), merilis hasil survei Pilkada Aceh Selatan. Hasilnya, pasang H. T. Sama Indra, SH - Drs. H. Harmaini, M.Si, memperoleh tingkat elektabilitas tertinggi dibandingkan enam kandidat lain.

Direktur Eksekutif ARC, Herianto Marzuki mengatakan, tingkat elektabilitas Sama Indra - Harmaini mencapai 39,16 persen.

“Sebagian besar masyarakat beralasan H. T. Sama Indra, SH - Drs. H. Harmaini, M.Si merupakan pasangan yang ideal. H. T. Sama Indra, SH dianggap berhasil membawa perubahan pembangunan di Aceh Selatan dan Harmaini yang mewakili unsur birokrat (Mantan Sekda) dianggap mampu secara administrasi untuk membenahi dan membawa Aceh Selatan lebih baik lagi,” ungkap Herianto.

Sedangkan di urutan kedua ditempati oleh pasangan H. Azwir, S.Sos – Tgk. Amran.

“Sebagian besar masyarakat beralasan H. Azwir, S.Sos berpengalaman karena beliau mantan birokrat dan pernah menjadi PJ bupati. SedangkanTgk. Amran lebih pada pertimbangan kedaerahan dan emosional,” ujarnya.

Lima calon lainnya sebagian besar masyarakat memilih karena alasan pengalaman dan pertimbangan kedaerahan dan emosional.

Berikut tabel hasil survei elektabilitas pasangan calon bupati -wakil bupati Aceh selatan periode 2018-2023 pasca Pendaftaran.

Aceh Research and Consulting
Hasil Survei Aceh Research and Consulting

Herianto Marzuki mengatakan, survei ini dilaksanakan pada tanggal 15 Januari sampai dengan tanggal 7 Februari 2018 yang tersebar di 18 kecamatan dalam kabupaten Aceh Selatan.

Survei dilaksanakan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner erstruktur.

Survei dilakukan pada 1.200 responden (sampel) menggunakan metode multi-stage random sampling dengan margin of error ±2,8% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini juga menggunakan quality control berupa spot check (sebanyak 20% responden terpilih didatangi kembali oleh supervisor).

Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. “Survei ini untuk mengukur tingkat elektablitas 7 pasangan calon bupati-wakil bupati periode 2018-2023 setelah pendafataran ke KIP Aceh Selatan,” kata Herianto Marzuki. (adv)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help